Recent Post



SMK Pembangunan Dijadikan Sekolah SMK - PK dari Kementerian Pendidikan RI, Tamatan Akan Kurangi Pengangguran.

Bukittinggi BN-News_ SMK Swasta Pembangunan Bukittinggi dapat Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) dari Kementerian Pendidikan RI di Tahun 2022, dan mendapatkan bantuan dana dalam menunjang pendidikan sebesar Rp. 1.2 Milyar.

Predikat SMK – PK ini merupakan suatu bentuk Penghargaan dari Kementerian pendidikan berdasarkan penilaian – penilaian yang dilakukan oleh Dirjen Vokasi Pendidikan.

Berjumlah 400 lebih SMK Swasta yang mendaftarkan diri dan diterima hanya 3 SMK Swasta yang lolos di Sumatera Barat yakni, SMK Pembangunan Bukittinggi, SMK Semen Padang, dan SMK Adhi Karya Pesisir Selatan.

Hal tersebut terlihat ketika kegiatan Sosialisasi yang dilakukan oleh SMK Pembangunan Bukittinggi pada hari Sabtu (20/8/2022) di gedung sekolah, kegiatan mengankat tema "sosialisasi dan koordinasi Pengembangan Program Keunnggulan di SMK Pembangunan Bukittinggi" 

Kegitan sosialisasi pada saat itu dibuka lansung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Barlius dan dihadiri oleh Kacabdin Sumatera Barat Wilayah I Bukittinggi Mardison, Ketua Yayasan Pendidikan Pembangunan Janusmen, Kepala Sekolah SMK Pembangunan Firman Rusdy, Ketua MKKS Bukittinggi, dan majelis Guru Peserta Pelatihan.

Dengan akan dilaksanakan rangkaian pelaksanaan program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) sekaligus tindak lanjut PKP maka perlu dilakukan "In House Training (IHT)" implementasi pembelajaran kurikulum merdeka di SMK Pembangunan Bukittinggi, maka dari itu perlu diadakan rapat persiapan IHT tersebut, dan SMK Pembangunan ditunjuk sebagai pusat Paksaanaan Keunggulan 
Kegiatan akan dilaksanakan pada 20 - 27 Agustus 2022 mendatang, 
Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat Barlius dalam sambutannya mengatakan pada saat itu Kepala Dinas di Jajaran SKPD Provinsi, harus lebih sering turun kelapangan bukan hanya dikantor saja, gunanya untuk monitor sekolah agar mengetahui langsung tentang mutu pendidikan yang ada di sekolah – sekolah yang berada di Sumatera Barat.

Mutu pendidikan yang ada dalam kelas, terjalin interaksi antara guru dengan siswa di sekolah. Bagaimana interaksi yang terbentuk antara guru dan siswa itu merupakan mutu yang paling tinggi di pendidikan, maka kita terjun kesekolah Lansung, bagaiamana perekembangan sekolah tersebut ucapnya.

Saat ini SMK Pembangunan Bukitinggi menjadi Sekolah PK (Pusat Keunggulan) tahun 2022 dan dibantu oleh Kementerian Pendidikan berupa Peralatan Pendidikan senilai diatas untuk dapat digunakan kegiatan – Kegiatan Seperti IH dan Workshop, sesuai dengan prosedure yang sudah ditetapkan oleh Kementerian. Ungkap Barlius.

Bantuan yang disalurkan harus dilaksanakan dan harus di pertanggung jawabkan, pergunakanlah sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan karena nanti akan di audit, intinya jangan melenceng dari apa aturan yang telah di tetapkan, harus mengikuti juknis dan jurlak yang berlaku tutur Barlius lagi.

"Sekolah PK bagaiamana lulusan bisa diterima di lapangan pekerjaan persentasenya lebih tinggi, dan sampai saat ini sudah berapa persen yang sudah bekerja" 

Keberhasilan sekolah bukan berapa persen yang lulus, tapi seberapa persen yang sudah bekerja dari jumlah yang lulus, hal ini supaya jangan kita menambah pengangguran, dan ada juga antara mereka setelah tamat langsung masuk ke perguruan tinggi.

Jika tidak masuk keperguruan tinggi, mereka dengan tamat sekolah bisa bekerja, jadi keberhasilan sebuah lembaga pendidikan yaitu sudah seberapa banyak yang sudah bekerja, jika banyak yang mengnggur setelah tamat di sekolah tersebut berati sekolah tersebut belum berhasil.

Apa lagi SMK merupakan sekolah kejuruan jadi Incamenya program keahlian harus kerja sama dengan para usaha sesuai dengan program yang dijalankan oleh sekolah tersebut, supaya tidak terjadi pengangguran setelah tamat.

Terpenting lulusan itu berkualitas, mandiri dan bisa bekerja, tamat harus berkualitas dan bisa eksis di lapangan, lebih-lebih sekolah dijadikan pusat unggulan

Perlu juga disampaikan, kegiatan ini betul betul dikawal bagaimana pengelola sekolah ini lebih maju, kerjasama dengan industri, karena setelah tamat bisa bekerja dan berkiprah dengan ilmu yang telah dimiliki selama menjalani pendidikan semoga lulusan menjadi berkualitas dan bisa bersaing di dunia kerja.

"Kita ingin mengangkat harkat dan martabat di kota Bukittinggi dan Agam, karena dahulu banyak pahlawan bangsa yang berasal dari kota Bukittinggi dan Agam" pungkasnya 
Ketua yayasan SMK Pembangunan Bukittinggi Janusmen sangat mendukung pelaksanaan Program SMK PK ini, semoga kedepannya SMK Pembangunan bisa mecetak para generasi muda yang mempunyai keahlian di bidang Ilmu yang di miliki seperti yang di utamakan di bidang program mesin.

"Program ini benar-benar sangat valuable (bernilai) bagi dunia industri, utamanya dalam menyediakan sarana untuk menyediakan talenta-talenta unggul, "Kami berharap melalui program SMK Pusat Keunggulan kolaborasi kami dengan SMK akan semakin kuat" ujarnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Pembangunan Bukittingi Firman Rusydi mengatakan, "Alhamdulillah berkat kerjasama antara Guru, Kepala Sekolah dan beserta Staff lainnya, SMK Pembangunan Bukittinggi berhasil mendapatkan Predikat Sekolah Pusat Keunggulan atau lebih dikenal dengan SMK – PK" katanya.

"Kami dari pihak sekolah mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak yang terkait, terutama kepada masyarakat Kota Bukittinggi atas dukungan dan Doanya, mudah – mudahan kami dari Akademisi SMK Pembangunan Kota Bukitttinggi bisa berprestasi lagi ditingkat nasional dalam kegiatan yang lainnya" 

Mohon kesediaan dari Dinas terkait untuk bisa memotivasi SMK Pembangunan sehingga seluruh kegiatan bisa di selesaikan dengan baik, "kemudian juga kepada bapak kepala dinas Pendidikan Provinsi, kami juga mohon motivasi dan atensinya" 

Lanjutnya, "Kami juga butuh arahan semoga seluruh kegiatan ini bisa berjalan dengan baik karena semua kegiatan ini intinya cuma satu, kita hanya menciptakan tenaga atau tenaga kerja kelas menengah yang mampu bersaing dengan usaha, karena tujuan sekolah PK itu bagaimana mengurangi tingkat pengangguran karena kemarin isunya bahwa pengangguran terbesar itu adalah dari SMK"

Diluncurkanlah beberapa kegiatan sekolah PK ini mudah-mudahan untuk SMK pembangunan bisa mengurangi tingkat pengangguran dan cara kami juga merasa bisa mendorong untuk bisa berwirausaha.

Senada juga disampaikan Syahrial, Wakil Kepala Sekolah SMK Pembangunan Bidang Humas dan Kesiswaan mengatakan, dengan terpilihnya SMK Pembangunan menjadi SMK Pusat Keunggulan ini berarti kami harus lebih giat lagi untuk melaksanakan amanah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK ini pungkasnya ***

Pewarta :stm 

Posting Komentar

0 Komentar