Recent Post



Perkenalkan Budaya Lokal Dan Melestarikan Budaya Minangkabau Babinsa Motivasi Group Kesenian Talempong.

SOLOK, BN-News-Sebagai tugas pokok Babinsa sebagai pembina Desa/Nagari, yaitu membina, membantu dan mendukung segala kegiatan dalam bentuk apapun yang bersifat positif untuk kemajuan Nagarinya. 

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Serda Irwandi memberikan motivasi kepada group "Kesenian Talempong" Nagari Sako Selatan Pasia Talang untuk ditampilkan dalam pawai alegoris dalam rangka memeriahkan HUT-RI ke 77.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan kesenian talempong ini untuk memeriahkan HUT-RI ke-77, memperkenalkan budaya lokal kepada generasi muda dan sekaligus melestarikan budaya Minangkabau khususnya lewat dari kesenian talempong ini. 

Alat musik talempong berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Talempong biasanya dimainkan dalam acara adat di Minangkabau. Alat musik ini merupakan pelengkap dalam berbagai acara adat.

"Suara talempong mampu menghidupkan suasana arak-arakan dalam penyambutan tamu. Suaranya nyaring dan terdengar dominan memberikan ciri khas kebudayaan Minangkabau," tutur Serda Irwandi. 
Alat jenis telompong ini terdiri dari dua jenis talempong, yaitu talempong melodis (talempong duduak) dan talempong pacik. Talempong melodis diletakkan di atas rel atau rancakan lalu dipukul menggunakan stik, Talempong pacik terdiri lima nada dasar yang dimainkan oleh tiga orang pemain. Nada dasar "sol" dimainkan orang pertama dengan unit "talempong jantan".

"Talempong, baik melodis atau pacik, kerap ditampilkan dalam berbagai upacara adat dan kegiatan sosial masyarakat Minangkabau," jelasnya. 

Berbagai acara adat di Minangkabau, seperti batagak panghulu, perarakan penghulu baru, perkawinan, sabik-iriak, gotong royong, penyambutan tamu nagari, tujuh belasan, pertunjukan randai, dan tari-tarian tradisional.

Selain itu, Babinsa juga melaksanakan Komsos (Komunikasi Sosial) tentang rencana pembangunan yang dari masyarakat bawah (bottom up) dalam mengakomodir pembangunan desa.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Sekna Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Babinsa 03/Sungai Pagu dan Anggota group Kesenian Talempong Nagari Sako Selatan Pasia Talang.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar