Recent Post



Pererat Hubungan Baik Dengan Petani Babinsa Bantu Penyemprotan Hama Pada Tanaman Cabai.

SOLOK, BN-News-Serda Doni Arianto Babinsa Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) dibidang pertanian yaitu tanaman cabai merah.

Pelaksanaan P3MP ini dilakukan bersama masyarakat binaan Zulhamidi dan juga sebagai pemilik lahan tanaman cabai merah yang bertempat di Jorong Pakan Sabtu Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Kamis (11/08/2022). 

Keikutsertaan peran Babinsa seperti yang dilakukan anggota Koramil 10/Lembah Gumanti, Serda Doni Arianto dengan membantu penyemprotan hama dan pembersihan disekitar tanaman cabai merah. 

Peran Babinsa sangatlah penting melalui pendampingan pertanian dalam rangka mewujudnya ketahanan pangan dan masyarakat produktif di wilyahnya wujud peran aktif TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Lembah Gumanti.

Serda Doni Arianto mengatakan pemantauan perawatan dan pertumbuhan tanaman cabai merah tersebut bertujuan untuk memberi motivasi kepada petani agar tetap semangat. Dengan melakukan perawatan dengan optimal tanaman cabai merah akan tumbuh subur, serta berbuah lebat sesuai dengan harapan para petani,” terangnya.
"Adapun kegiatan perawatan cabai merah ini yang sudah berumur lebih kurang 36 Minggu dan dalam masa perawatan dengan melakukan pembersihan dan penyemprotan hama yang tetap dilaksanakan secara rutin," ujar Serda Doni Arianto. 

Ia menambahkan, dengan perawatan dan penyemprotan yang intensif serta pemberian pupuk, tentu saja hasil panen dapat diperhitungkan dengan jelas, dan kemungkinan tanaman cabai merah berbuah lebat juga akan mungkin terjadi.

“Tanaman cabe merah merupakan tanaman yang memerlukan perawatan yang exstra agar mendapatkan hasil yang baik. Saya berharap saat panen harga cabe sesuai yang dikehendaki petani khususnya petani cabe agar dapat membantu perekonomian petani,” ucap Babinsa. 

Bapak Zulhamidi selaku petani pemilik lahan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sudah menyempatkan waktu untuk membantu dirinya.

“Kami sebagai petani merasa sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa disini. Semoga pada saat panen Cabai nanti mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga program swasembada pangan bisa tercapai,” ucapnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar