Recent Post



Meningkatkan Swasembada Pangan Dari Sektor Pertanian, Babinsa Bantu Perawatan Ubi Jalar.

SOLOK, BN-News-Indonesia merupakan negara agraris yang dicirikan dengan mayoritas penduduknya bermata pencarian sebagai petani, sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia.

Praka Peruyantama Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman ubi jalar di Nagari Sirukam Kec. Payung Sekaki, Kab. Solok, Sabtu (6/8/22). 

Ubi jalar menjadi salah satu dari 20 jenis pangan berfungsi sebagai sumber karbohidrat. Adapun perkembangan saat ini sudah 131 hari mulai dari pengolahan lahan sampai dengan sekarang.

Kegiatan melakukan rutinitas perawatan tanaman ubi jalar serta pembersihan disekitar tanaman. Melakukan perawatan yang teratur agar diwaktu panen nanti akan menghasilkan buah yang bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga dapat menambah penghasilan warga dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Praka Peruyantama. 
Pendampingan kepada petani maupun kelompok tani sudah menjadi kewajiban bagi seorang Babinsa dalam upaya pencapaian swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Dalam pelaksanaanya, selain melakukan pendampingan Babinsa juga membantu proses penanaman dan perawatan dengan harapan bisa meringankan beban petani dan mempercepat pelaksanaan penanaman.

Praka Peruyantama mengatakan, "bahwa pendampingan kepada petani sudah menjadi kewajiban bagi seorang Babinsa dalam upaya pencapaian swasembada pangan," ucapnya. 

Kami sebagai Babinsa hanya bisa memberikan pendampingan dan motivasi kepada para petani yang menjadi wilayah binaan, disamping itu kegiatan ini juga merupakan sarana komunikasi dalam mempertajam jaring teritorial di wilayah," pungkas Praka Peruyantama.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar