Recent Post



Bantu Panen Tanaman Terong Ungu, Babinsa Siap Selalu Dampingi Petani Binaan.

SOLOK, BN-News-Praka Hamdi Maulana Babinsa Nagari Kinari Koramil 08/Bukit sundi Kodim 0309/Solok. Babinsa bersama masyarakat binaan bapak Wicandra melaksanakan kegiatan pemanenan tanaman terong ungu, dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian.  

Kegiatan pelaksanaan pemanenan tanaman terong ungu bertempat di Jorong Galanggang Tinggi, Nagari Kinari, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Kamis (25/8/2022). 

Peran TNI wujudkan "Pemberdayaan Prajurit Masyarakat Produktif" dalam mengatasi kesulitan masyarakat dengan bertujuan meningkatkan sumber perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat yang mandiri melalui solusi aplikatif yang mudah diterapkan oleh masyarakat setempat.

Praka Hamdi Maulana mengatakan, bahwa maksud dari kegiatan ini selain untuk menyambung silaturrahmi, Babinsa juga turut ikut membantu masyarakat petani dari dari pengolahan lahan, penanaman bibit, perawatan tanaman sampai dengan pemanenan seperti yang dilakukan kepada salah satu lahan milik warga binaan yaitu melakukan pemanenan terong ungu," ucap Babinsa. 
Dalam pelaksanaan penen tanaman terong ungu sudah pemanenan yang ke 5 dengan hasil yang cukup lumayan berkisar lebih kurang 14 Kg, pemanenan terong ungu ini sudah memasuki umur 15 Minggu. 

Permintaan pasar akan terong ungu belakangan ini semakin meningkat seiring mudahnya terong untuk dibuat beragam menu masakan maupun minuman, mulai dari dimasak untuk sayur terong, dibuat untuk lalapan, bahkan bisa juga dibuat untuk minuman jus. Sehingga membuat beberapa petani saat ini banyak yang tertarik untuk membudidayakannya," ucap Praka Hamdi Maulana. 

Selain itu, "penanaman terong ungu ini sangatlah mudah dan tidak rumit untuk dibudidayakan, terpenting dalam hal budidaya tanaman harus diperhatikan dalam perawatan dan pemeliharaan secara rutin agar hasil yang didapatkan agar maksimal," sambungnya. 

“Kegiatan ini mudah-mudahan menjadi motivasi dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat di wilayah binaan Koramil 08/Bukit Sundi," tutup Praka Hamdi Maulana.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar