Recent Post



Babinsa Lakukan Kegiatan Rutinitas Pemeliharan Ubi Jalar Bersama Warga Binaan.

SOLOK, BN-News-Anggota Koramil 09/Gunung Talang Kodim 0309/Solok, Sertu Muh Bahar sedang melaksanakan kegiatan rutinitas pemeliharaan pada tanaman ubi jalar membersikan rumput pada tanaman dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dengan Masyarakat Produktif di bidang pertanian.

Pemeliharaan pada tanaman ubi jalar ini masyarakat produktif yang terlibat Bapak Dayat dan Hadi, berlokasi di Jorong Koto Gadang Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sabtu (13/8/2022). 

Ubi jalar, ubi rambat dan ubi jenis lainnya adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. 

Di Afrika, umbi dari ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

Sertu Muh Bahar mengatakan, bentuk perawatan tanaman ubi jalar yang dilaksanakan dengan masyarakat tersebut, dan membersihkan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman. 
Selain itu, Babinsa juga menyarankan penyemprotan pestisida dan pemupukan. Sehingga diharapkan, tanaman dapat tumbuh dengan subur.

Adapun perkembangan usia tanaman ubi jalar ini sudah berusia kurang lebih 2 Minggu.

“Melakukan perawatan yang teratur agar diwaktu panen nanti akan menghasilkan buah yang bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga dapat menambah penghasilan warga dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. 

Semoga dengan adanya pendampingan yang dilakukan Babinsa kepada warga tani dalam rangka Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif. Bisa memberikan motivasi, saran masukan, semangat. Dan menjalin hubungan komunikasi yang baik antara TNI dengan Masyarakat tetap selalu terjaga dan harmonis,” tutup Sertu Muh Bahar.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar