Recent Post



Babinsa Bantu Petani Ubi Rambat Melakukan Pembersihan Di Sekitar Tanaman.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil 09/Gunung Talang Kodim 0309/Solok, Kopda Rahmad sedang melaksanakan kegiatan rutinitas  pembersihan rumput pada tanaman ubi rambat dalam Rangka Program Pemberdayaan Prajurit dengan Masyarakat di bidang Pertanian. 

Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini bapak Wan dan bapak Abdul berlokasi di Jorong Tabek Panjang, Nagari Koto Gadang Guguak Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Senin (22/8/2022). 

Kopda Rahmad mengatakan, dalam memberikan pendampingan terhadap petani, agar dalam perawatan dan pemeliharaan tidak asal asalan sehingga hasil panen yang capaipun maksimal. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan terobosan-terobosan baru terkait peningkatan hasil panen para petani," tandasnya.

Perkembangan tanaman ubi rambat sekarang ini sudah berusia 16 Minggu, dari masa pengolahan, penanaman dan sampai dengan pengecekan dan perawatan rutin. 
Kali ini Kopda Rahmad selaku Babinsa Jorong Tabek Panjang Dalam terlihat sedang melakukan perawatan rutin pada tanaman ubi rambat, dengan melakukan pembersihkan dahan-dahan kering seputaran tanaman ubi rambat agar proses pembeseran tanaman ini dapat cepat berkembang seperti yang diharapkan oleh petani sehingga dapat diterima oleh pasar," ucap Babinsa.

Lanjutnya, untuk mendapatkan hasil atau produksi maksimal dalam penanaman ubu rambat, harus diperhatikan dalam penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, jarak tanam, penyiangan rumput hingga pemupukkan yang tepat waktu.

“Sekecil apapun bantuan yang diberikan oleh masyarakat adalah merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk perkembangan tanaman ubi jalar".

Melalui kerjasama dengan masyarakat ini, diharapkan dapat memotivasi masyarakat tersebut agar lebih giat lagi dalam bercocok tanam. Sehingga, Ketahanan Pangan dapat terwujud," pungkas Kopda Rahmad.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar