Recent Post



Motivasi Petani Dalam Bercocok Tanam Ubi Jalar, Babinsa Bersama Petani Lakukan Pembersihan Disekitar Tanaman.

SOLOK, BN-News-Praka Peruyantama Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian, yaitu penanaman ubi jalar. Di Nagari Sirukam  Kec. Payung Sekaki, Kab. Solok, Jumat (15/07/22). 

Ubi jalar (ipomoea batatas) atau dikenal juga dengan ketela rambat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ubi jalar mengandung nutrisi yang dapat membantu melawan beragam penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ubi jalar diduga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Ubi jalar dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau diolah menjadi kue. Makanan ini sudah terasa manis secara alami sehingga dapat langsung disantap tanpa harus menambahkan gula.

Babinsa Praka Peruyantama mengatakan Perkembangan pada tanaman ubi jalar saat ini sudah berumur 105 hari mulai dari pengolahan lahan sampai dengan sekarang. Rutinitas perawatan tanaman ubi jalar serta pembersihan disekitar tanaman," ucapnya. 
Ubi jalar mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan beragam nutrisi yang terkandung didalam ubi jalar, tak heran jika tanaman umbi-umbian yang satu ini memiliki manfaat kesehatan yang tidak sedikit. 

"Selain itu, dengan banyaknya pandangan positif terkait manfaat ubi jenis ini yang baik, sehingga banyak orang yang mencarinya," tambahnya. 

Selain beras dan jagung, ubi jalar juga merupakan salah satu tanaman pokok bagi warga Nagari Sirukam , diharapkan dengan kegiatan seperti ini dapat memotivasi para warga, agar lebih giat lagi dalam bercocok tanam sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan setiap warga Nagari," ungkap Babinsa.

Petani mengucapkan terima kasih atas kesediaan Babinsa yang membantunya menanam tanaman ubi jalar. "Semoga tanaman ubi jalar yang petani tanam bersama Babinsa, menuai hasil yang baik saat panen nanti. Sehingga selain bisa untuk kami konsumsi sendiri, hasil panen ubi jalar ini juga bisa untuk kami jual ke pasar guna memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga kami," katanya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar