Recent Post



Lakukan Rutinitas Pembudidayaan, Babinsa Lanjutkan Perawatan Tanaman Jeruk.

SOLOK, BN-News-Anggota Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Babinsa Serda Amradona bersama masyarakat Pok Tani melaksanakan kegiatan rutinitas pembudidayaan kebun jeruk kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit Produktif di bidang pertanian. 

Adapun jenis tanaman jeruk yang ditanam  berjumlah 2 jenis yaitu jeruk girga berjumlah 100 pohon dan jeruk madu Siam berjumlah 130 pohon, dengan luas 3600 meter persegi. 

Lahan pembudidayaan tersebut beralamat di Jorong Timbulun Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Senin (04/07/2022). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi dorongan dan semangat kepada masyarakat sehingga meningkatkan kemampuan masyarakat menjadi produktif. Merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat sehingga terjalinnya sinergitas untuk meningkatkan swasembada pangan yang optimal. 

Dalam giat yang dilaksanakan melakukan pembersihan lahan dan melakukan penyiangan rumput yang mengganggu pertumbuhan buah di sekitar tanaman. 
Perkembangan tanaman sekarang sudah berusia 24 bulan dengan pohon jeruk sudah mulai rata-rata mengeluarkan putik buah.

Dikatakan Serda Amradona pendampingan dari pemilihan bibit, pupuk serta sampai dengan perawatan dan panen yang selalu mendapatkan perhatian.

Lanjutnya, "karena apabila terjadi kendala atau seperti serangan hama, sehingga sesini mungkin dapat bisa diatasi. Sehingga pertumbuhan dari tanaman jeruk tidak terganggu yang berdampak pada hasil panen nantinya," ungkapnya. 

Kegiatan swasembada pangan ini selalu dilakukan Babinsa agar selalu terjaga kedekatan dengan warganya terutama para petani untuk bersama-sama mewujudkan swasembada pangan yang tangguh yang melimpah.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar