Recent Post



Anggota dan Persit Kodim 0309/Solok, Terima Sosialisasi Dari Dinas Damkar Kota Solok.

SOLOK, BN-News-Prajurit dan Persit Kodim 0309/Solok menerima sosialisasi penanggulangan bahaya kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), bertempat di lapangan Makodim 0309/Solok Jln A. Yani No. 1 Kota Solok, Jumat (15/7/22).

Bapak Mardi Wanto S.H., Kasi Pencegahan Dinas Damkar Kota Solok, sebagai penyaji materi Sosialisasi tentang APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan Simulasi Pemadam Kebakaran Ringan yang diikuti oleh prajurit dan Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang LXIII Kodim 0309/Solok.

Maksud dan tujuan sosialisasi ini agar prajurit dan Persit Kodim 0309/Solok, dapat memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran dan bila terjadinya kebakaran serta bagaimana cara penanggulangannya.

Mardi Wanto S.H., saat memberikan materi menyampaikan bahwa beberapa faktor penyebab kebakaran diantaranya disebabkan oleh alam,  manusia dan kebakaran yang disebabkan binatang. Kebakaran yang disebabkan oleh alam diantaranya petir, gempa bumi, gunung meletus, panas matahari dan lain-lain. Kebakaran disebabkan oleh manusia antara lain karena disengaja seperti pembalakan liar, balas dendam. Kelalaian karena lupa mematikan tungku pembakaran saat meninggalkan rumah, kurang pengertian seperti membuang rokok sembarangan, merokok didekat pengisian bahan bakar dan masih banyak lagi penyebab kebakaran.

“Oleh karena sifat kebakaran dimana mengakibatkan banyak kerugian, maka untuk mencegah terjadinya kebakaran harus diadakan pengawasan bersama terhadap segala potensi-potensi kebakaran. Sediakan sarana pemadam kebakaran aktif maupun pasif di area yang berpotensi tinggi terjadi kebakaran. Dengan demikian dapat diupayakan pencegahan kebakaran secara dini” papar Mardi Wanto.
Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, seluruh prajurit dan Persit,  mengerti bagaimana penyebab kebakaran dapat terjadi, bagaimana proses penjalarannya, bagaimana cara pencegahan dan penanggulangannya serta mengenalkan beberapa sarana dan prasarana peralatan kebakaran.

Mardi Wanto, juga menghimbau kepada masyarakat Kota Solok khususnya untuk tetap waspada dwngan bahaya kebakaran dan dapat memahami pencegahannya serta segera melaporkan kepada Dinas kebakaran untuk penangangan lebih lanjut. Ia juga membeberkan tugas Dinas Kebakaran Kota Solok, tidak hanya sebatas memadamkan kebakaran saja, ada beberapa tugas lainnya seperti pohon tumbang penangkapan hewan berbisa, dan hal-hal yang berkaitan dengan tugas Dinas Damkar Kota Solok, dapat menhubungi Nomor 075520113 dan 081214222524," pungkasnya.

Sementara itu Plh. Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Letda Inf Zulkifli selaku penanggung jawab sosialisasi mengatakan bahwa, maksud dilaksanakannya sosialisasi ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman bagi anggota dan Persit Kodim 0309/Solok terhadap pelaksanaan pemadaman kebakaran dan juga mengenal setiap alat pemadam kebakaran.

“Diharapkan prajurit dan Persit Kodim 0309/Solok mampu melaksanakan pemadaman kebakaran dengan baik apabila terjadi kebakaran, ” Tutup Pasi Inter

Setelah pemberian sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemadam kebakaran bertempat di Lapangan Makodim 0309/Solok.(PENDIM0309).

Posting Komentar

0 Komentar