Recent Post



Tingkatkan Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam Laounching Eazy Pasport di Pasbar

Baritonagarinews(BNN).Com Pasaman Barat_ Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam pada hari Kamis (19/5/2022) lakukan laounching program pelayanan paspor secara kolektif yang diberi nama ”Eazy Passport.” 

Kerja sama dengan pemerintahan kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sumbar, 
Novianto Sulastono di Aula kantor Bupati Pasaman Barat.

Kadiv Novianto Sulastono menyampiakan bahwasanya melalui program ini pemohon bisa mengajukan permohonan passport tanpa perlu ke Kantor Imigrasi kelas II TPI Agam, karena petugas akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan, seperti kerjasama antara Pemkab Pasaman dengan Kantor Imigrasi kelas II TPI Agam.

Gunanya membuka layanan ini untuk percepatan pengurusan dokumen keimigrasian melalui program yang dinamakan Eazy Passport ungkapnya.

Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat mengapresiasi langkah Imigrasi Agam untuk memberikan layanan jemput antar "Eazy Passport" hingga ke Simpang Empat, Pasaman Barat.
Pengguna layanan Eazy Passport adalah institusi perkantoran, institusi Pendidikan, komplek perumahan, maupun komunitas lainnya secara kolektif tuturnya.

Lanjutnya Eazy Passport merupakan sebuah program yang digagas oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik permohonan paspor baru dan penggantian dengan berlakunya sudah habis ujarnya.

“masyarakat yang membutuhkan layanan tidak perlu ke Kantor Imigrasi, cukup berada di lingkungan terdekatnya,

Lanjutnya "Dalam surat permohonan yang diajukan ke Kantor Imigrasi tersebut, harus memuat keterangan jumlah pemohon passport, data (berupa nama, tanggal lahir, NIK, akte kelahiran, ijazah, serta buku nikah), dan jenis permohonan passport baru atau penggantian tambahnya.

Eazy Passport tersebut dilaksanakan dengan jemput bola, petugas dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam yang mendatangi langsung masyarakat, dan program ini sudah mulai disosialisasikan, termasuk melalui pemberitaan lewat media baik media cetak, eletronik maupun online dalam membantu sampainya informasi ini pada masyarakat.

Dengan pelayanan ini masyarakat tidak jauh lagi ke Bukittinggi cukup di Simpang empat sudah bisa mengurus paspor dengan biaya sama jika mengurus ke kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam.

Beberapa tahun belakangan ini sangatlah gencar mensosialisasikannya, selain itu pada saat ini kita sudah memasuki era teknologi di mana semua serba canggih dan serba cepat oleh karena itu pelayanan yang berkualitas dan bermutu tinggi menjadi perhatian utama dari organisasi publik 

kemajuan transportasi dan teknologi membantu seseorang untuk bepergian ke mana saja dengan mudah sekarang memesan tiket pesawat bisa kapanpun dan di mana saja, untuk bepergian ke luar negeri.
Hal yang harus dipikirkan pertama kali bukan hanya soal dana dan tiket pesawat saja sebelum berangkat kita juga harus membuat paspor paspor adalah dokumen resmi yang digunakan sebagai identitas pengenal ketika berada di luar negeri.

Dokumen perjalanan tersebut memuat informasi identitas pemiliknya, seperti negara asal, pemegang paspor, nama lengkap, foto tanda tangan, tempat dan tanggal lahir serta informasi penting lainnya yang diperlukan ketika seseorang ingin masuk ke suatu negara, karena tanpa paspor seseorang tidak dapat diperbolehkan melakukan perlintasan internasional.

Baik itu keberangkatan maupun kedatangan pada tempat tujuan, baik di bandara internasional pelabuhan internasional maupun modern, cek point untuk kualitas udara untuk itulah membuat paspor menjadi hal yang sangat penting.

ke depan bekerja sama dengan kabupaten Pasaman barat bisa membuat semacam ungkapan kerja imigrasian yang nantinya akan menjadi cikal bakal Kantor Imigrasi kelas 3 tentunya, menjadi suatu harapan atau kebanggaan dari kabupaten Pasaman barat apabila bisa mewujudkan untuk membuat kantor Imigrasi kelas 3, semoga kerjasama ini dapat ditingkatkan guna memberikan kemudahan serta pelayanan yang Prima kepada masyarakat pungkasnya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat melalui sekda Hendra Putra sangat mengapresiasi kegitan ini, dan kegiatan ini memang pemerintahan kabupaten Pasbar yang meminta ke pada kantor Imigrasi Eazy pasport ini di buka di Pasbar.

" Sebenarnya yang lansung hadir sekarang ini adalah pak Bupati lansung, karena sekarang beliau berada di Jakarta dalam hal melaporkan data musibah gempa, jadi kita sampaikan pesan beliau, dan minta maaf kepada kantor Imigrasi dan juga masyarakat yang hadir" ujar sekda saat memberikan sambutan 

Perintahkan kabupaten Pasaman berharap semoga program ini memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat apalagi masyarakat dalam proses pemulihan akibat cobaan musibah bencana gempa bumi pada 25 Februari yang lalu.

Kemudian atas nama pemerintah daerah kabupaten Pasaman barat terima kasih kepada bapak Kepala divisi imigrasi dan Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Agam beserta jajarannya yang telah membantu secara penuh terlaksananya pada hari ini dan untuk jadwal jadwal berikutnya ujarnya 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Agam Qriz Pratama saat di konfirmasi mengatakan Eazy pasport di lounching di Pasbar dalam rangka pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh penyelenggaraan negara layanan publik juga harus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Sehingga bisa memberikan kebutuhan dan kepuasan kepada masyarakat oleh karena itu pelayanan harus terselenggara sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Kepengurusan dokumen keimigrasian di Kantor Imigrasi Agam yang meliputi daerah kerja di Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Kemudian perlu juga diketahui bahwa fungsi kemigrasian selain memberikan pelayanan terhadap masyarakat juga berfungsi melaksanakan penegakan hukum keimigrasian, keamanan negara dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah pada hari ini pemerintah daerah kabupaten Pasaman barat bersama-sama dengan Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Agam telah berkomitmen bekerja sama memberikan pelayanan khususnya layanan paspor republik Indonesia kepada masyarakat Pasaman barat dan sekitarnya, semoga kegiatan ini menjadi momentum untuk mengubah cara pandang dan pola perilaku dalam bekerja serta dapat menjelaskan pola pikir dan melaksanakan perubahan di atas kerja sama menjadi lebih baik lagi, 

Kemudian "kami berterima kasih kepada Bupati Pasaman barat dan jajaran atas terselenggaranya kegiatan ini serta telah memfasilitasi kami dalam penyelenggaraan pelayanan di Pasbar ini" ujar Qriz

Lanjut Qriz Pratama pelayanan paspor dalam artian jemput bola yang dilakukan kantor Imigrasi kelas II TPI Agam di wilayah kerjanya, program ini merupakan salah satu produk unggulan Imigrasi Agam terutama bagi pemohon yang termasuk golongan rentan, seperti lanjut usia, ibu hamil dan menyusui serta penyandang difable ucapnya.
 
Dengan program Eazy pasport ini, Pemohon dapat menghemat tenaga, waktu dan ongkos karena tidak perlu repot pergi ke kantor imigrasi jauh di Bukittinggi, perwakilan cukup menginformasikan tanggal, lokasi dan jumlah pemohonnya, nanti petugas kami akan datang ke Pasaman Barat sesuai dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Kemudian sebelum dilakukan pembuatan pasport pemohon harus melengkapi persyaratan yang telah di tentukan kemudian disesuaikan dengan tujuan pembuatan paspor pungkasnya ***

Pewarta : BN2 
 



Posting Komentar

0 Komentar