Recent Post



Guna Mengurangi Pertumbuhan Gulma, Babinsa Bantu Petani Tanaman Tomat Melakukan Pembersihan.

Peran aktif Babinsa ditengah Pandemi Covid -19 guna mendukung program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dari Komando Atas, untuk meningkatkan Swasembada Pangan dan Perekonomian masyarakat di wilayah binaan masing-masing. 


Seperti yang dilakukan oleh anggota Babinsa Nagari Salimpek Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok, Koptu Juharto melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dalam bidang pertanian yaitu tanaman tomat milik Bapak Jufri dan Ibuk Nurma di Nagari Salimpek, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok. Rabu (25/05/22). 


Di sektor pertanian sangat penting untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga menggerakkan sumber daya di wilayah untuk menghasilkan produk yang berdaya saing,” ungkapnya. 


Koptu Juharto menyebut pendekatan kepada kelompok tani penting untuk dilakukan agar setiap petani mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri.

Adapun kegiatan rutin yang dilaksanakan hari ini adalah melakukan perawatan tanaman tomat dengan membersihkan daun-daun yang mengering dan membersihkan tunas agar tidak terlalu rimbun guna mengurangi pertumbuhan serta penyebaran ulat pada tanaman tomat," Katanya. 


“Kegiatan penanaman seperti tanaman tomat ini akan memicu masyarakat untuk mandiri dalam memenuhi sebagian kebutuhan pangannya, bahkan dapat menambah pendapatan sehingga ini bisa berkelanjutan, masyarakat akan terus menanam untuk menjadi sumber pendapatan ekonomi mereka," ujar Babinsa. 


Dengan adanya pendampingan Babinsa terhadap petani semoga akan berdampak positif bagi masyarakat, sehingga terjalin hubungan baik antara TNI dan masyarakat setempat."pungkas Koptu Juharto.

Posting Komentar

0 Komentar