Recent Post



Demi Meningkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Aktif Dalam Membantu Warga Dalam Bidang Pertanian.

Koptu Nikmat Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman jagung pioner seluas 45 m x 125 m, di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan. Rabu (20/04/2022). 


Jagung merupakan jenis tanaman pangan yang menghasilkan karbohidrat. Tanaman jagung menjadi bahan pangan pokok di sebagian belahan dunia. Selain itu, jagung juga menjadi bahan pangan olahan, misalnya minyak jagung, bahan dasar tepung maizena, bioenergi, bahan kosmetik, hingga untuk kebutuhan pangan ternak.

Jagung juga rentan terhadap penyakit jamur api serta penyakit bakteri. Jamur api bisa mengubah biji jagung menjadi abu-abu atau hitam hingga menyebabkan biji membengkak. Bila hal itu terjadi, hancurkan tanaman yang terkena. Ingat, jangan menanam kembali di tempat yang sama sampai dua tahun karena spora jamur api bisa bertahan hidup di dalam tanah selama itu.


Kegiatan ini sudah berjalan selama 9 Minggu mulai dari penanaman bibit, pembersihan rumput di gang-gang jagung dan perawatan yang dilaksanakan secara rutin, supaya hasil yang dicapai bisa maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar