Recent Post



Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Laksanakan Kegiatan Rutinitas Pemeliharaan Ternak Ayam Kampung.

Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan pemeliharaan ternak ayam kampung dalam rangka program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif bidang peternakan, di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan.


Selain kesibukannya sebagai Babinsa, Sertu Rokhmat Amin juga mempunyai rutinitas mengembangkan ternak ayam kampung sekaligus memberikan contoh kepada warga sekitar guna menambah penghasilan perekonomian keseharian.


Sertu Rokhmat Amin memanfaatkan lahan kosong miliknya untuk dijadikan tempat peternakan ayam kampung yang dikelola di kediamannya. “Di tengah kesibukan sebagai Babinsa saya juga memanfaatkan waktu seperti pulang dinas untuk beternak ayam, ” tuturnya, Selasa (19/4/2022).


Tak dapat dipungkiri jika ayam menjadi salah satu hewan yang paling populer dijadikan santapan bagi masyarakat Indonesia. Saat bersantai mencari makan di restoran atau warung pinggir jalan, ayam selalu menjadi suguhan yang banyak dicari dan mudah ditemui di manapun berada. 

Tingkat persaingan dalam bisnis ayam kampung tidak seketat ayam negeri. Namun, prospek keuntungannya cukup lebar sehingga risiko kegagalannya dapat ditekan. 


Proses pemeliharaannya juga tidak seribet dan sesulit ayam negeri karena daya tahan tubuhnya yang lebih kuat dan dapat hidup bebas di alam liar tanpa perhatian khusus selayaknya ayam negeri. 


"Kebutuhan akan ayam kampung yang terus semakin meningkat tidak diimbangi dengan produksi yang besar sehingga terjadilah kekurangan persediaan ayam yang mengakibatkan harga ayam mahal,"ucapnya.

Posting Komentar

0 Komentar