Recent Post



Gelar Latihan Teknis Teritorial Kodim 0309/Solok, Berikan Materi Teknis Terhadap Babinsa.

Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis teritorial perorangan maupun satuan kewilayahan dan kemasyarakatan, Kodim 0309/Solok menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2022 dengan melibatkan 100 orang anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) sert 44 orang koordinator dan pendukung. Latnister dilaksanakan, di Aula Makodim 0309Solok Jl. A. Yani No. 1 Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Jumat (18/03/2022).


Menurut Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0309/Solok Lettu Cba Heryanta mengatakan bahwa kegiatan latihan akan digelar selama lima hari dengan tahapan mulai dari pelajaran teori hingga praktek di lapangan.


“ada waktu lima hari agar anggota yang terlibat gunakan kesempatan tersebut betul-betul mengikuti dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga selesai kegiatan ini ada peningkatan kemampuan dan wawasan yang akan menunjang tugas pokok dilapangan,” jelas Pasiops.

“Adapun materi yang diberikan meliputi lima kemampuan teritorial, yakni temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan komunikasi sosial serta lima sikap teritorial sehingga nantinya prajurit mampu melakukan deteksi dini terhadap sesuatu yang akan timbul serta yang berpotensi mengganggu keamanan,” ungkapnya.


Lanjut Ia mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya Latnister ini bisa lebih memantapkan dan meningkatkan kualitas Babinsa agar mampu dan profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan saat dihadapkan pada tantangan tugas kedepan.


“Kita sampaikan kepada personel agar rajin membaca untuk menambah wawasan, kuasai wilayah tanggung jawab masing-masing, hindari tempat-tempat yang dilarang, Hindari korban sia-sia serta jumlah personil yang meninggal karena sakit sangat meningkat untuk itu seluruh anggota agar tetap menjaga kesehatan, rajin berolahraga dan selalu mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19 ini,”pungkasnya.


Latihan Teknis Teritorial (Latnister) merupakan program kerja yang telah dijadwalkan komando atas dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan teknik teritorial yang tentunya sesuai dengan lima kemampuan teritorial. Setelah latihan ini diharapkan akan menghasilkan pembinaan teritorial (Binter) sesuai rencana dan dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan dan diharapkan oleh komando atas.

Posting Komentar

0 Komentar