Recent Post



Babinsa Bantu Dampingi Warga Dalam Perawatan Tanaman Ubi Jalar Di Wilayah Binaan.

Praka Peruyantama Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok,  melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif  dibidang pertanian yaitu penanaman ubi jalar, di Jorong Tanjung Barisi, Nagari Sumiso, KecamatanTigo Lurah, Kabupaten Solok, Jumat (18/03/22).


Indonesia merupakan negara agraris yang dicirikan dengan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Hal ini dilihat dari kontribusinya dalam pembentukan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional yang meningkat setiap tahunnya.


Ubi jalar menjadi salah satu dari 20 jenis pangan yang berfungsi sebagai sumber karbohidrat. Ubi jalar bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendampingi beras menuju ketahanan pangan.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 04/Panyung Sekaki Praka Feruyantama, melihat perkembangan tanaman ubi jalar milik salah satu warga tani binaan di wilayah Jorong Tanjung Barisi Nagari Sumiso. saat ini sudah berjalan 8 hari mulai dari proses pengolahan lahan, pembuatan bedengan, perawatan pembersihan dari gulma dan pemberian pupuk kandang sampai dengan sekarang.


“Melakukan perawatan yang teratur agar diwaktu panen nanti akan menghasilkan buah yang bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga dapat menambah penghasilan warga dalam kehidupan sehari-hari,”ungkap Praka Feru.


Semoga dengan adanya pendampingan yang dilakukan Babinsa kepada warga tani dalam rangka Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif. Bisa memberikan motivasi, saran masukan, semangat. Dan menjalin hubungan komunikasi yang baik antara TNI dengan Masyarakat tetap selalu terjaga dan harmonis,”tutup Babinsa.

Posting Komentar

0 Komentar