Recent Post



Babinsa Koramil 12/Sangir Laksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) Dengan Peternak Kambing Di Wilayah Binaan.

Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, Serda Ikhsan Tiago dengan Koptu Nikmat melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada peternak kambing etawa/kambing PE milik Pak Apriadi di Jorong Gunung Pasir, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Rabu (23/02/2022).


Sebagaimana diketahui, kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak. dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan bernilai baik. Terlebih pada hari besar Islam Idul Adha/Lebaran Haji, biasanya harga kambing dapat meningkat dan memiliki harga jual yang sangat tinggi karena banyak dibutuhkan untuk berqurban.


Serda Ikhsan Tiago, mengatakan perawatan dan pemeliharaan kambing memang gampang-gampang susah. namun untuk lokasi desa atau perkampungan, memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di kampung masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai makanannya. 


“Manfaat limbah kotoran kambing dapat digunakan untuk pupuk pertanian yang sangat baik bagi kesuburan tanah sehingga dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” kata Serda Ikhsan Tiago.

Kesehatan dan pertumbuhan kambing harus selalu diperhatikan, karena jika sampai nafsu makan berkurang kambing tersebut akan mudah terserang penyakit dan kambing menjadi kurus sehingga harga jual pun menjadi anjlok.


" Maka dari itu, kita harus melakukan penanganan sejak dini. Mulai dari kebersihan kandang, rumput yang diberikan, minumnya, hingga penyuntikan vitamin, “sambungnya.


Lebih lanjut, Babinsa menjelaskan kegiatan komsos serta pendampingan ini, “Selain untuk berdiskusi dan memberi masukan yang membangun, kita juga memberikan motivasi agar ditengah pandemi COVID-19 ini warga binaan terus semangat dalam mengembangkan peternakan kambingnya dan jangan lupa terapkan 3M yakni menggunakan Masker, Menjaga jarak, dan sering Mencuci tangan dengan air mengalir, “ jelas Ikhsan Tiago.

Posting Komentar

0 Komentar