Recent Post



Babinsa Memotivasi Para Santri Dalam Pembuatan Gula Tebu

 

Untuk mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa, serta terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat, Babinsa 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok, secara rutin dan berkesinambungan bersilaturahmi dengan masyarakat di wilayah binaannya.


Dengan melihat potensi wilayah yang memiliki harapan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan produksi gula tebu berbahan dasar dari Tebu, Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok Serda Agus Salim, selain ingin mengetahui proses pembuatan gula tebu juga memberikan motivasi kepada para santri Ponpes Syech Muksin di Jorong Koto Tingga Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kab. Solok, Minggu (16/01/2022).


Serda Agus Salim saat berkunjung ke Ponpes Syech Muksin yang memproses pembuatan gula tebu, ia menuturkan, “Melihat potensi Ponpes Syech Muksin yang memiliki harapan untuk dapat mengembangkan usaha tersebut saya berupaya memberikan motivasi kepada para santri Ponpes Syech Muksin agar lebih ditekuni kembali karena usaha tersebut kalau dibina secara terarah bisa menjadi lebih maju dengan pesat, “tuturnya.

Lebih lanjut Serda Agus Salim menjelaskan, “Dalam 50 batang pohon tebu kita dapat menghasilkan 2 belanga air tebu kemudian air tebu tersebut dimasak sampai mendidih dan mengental, dan menghasilkan 1 belanga gula tebu, kemudian dimasukan kedalam mangkok cetakan dan dibiarkan sampai dingin dan mengeras selama 4 s/d 5 jam kemudian dikeluarkan dari cetakan dan siap untuk dipasarkan” lanjut Serda Agus.


Santri  Ponpes Syech Muksin  disamping menimbah ilmu agama, meluangkan waktu mereka untuk membuat gula tebu, para santri bekerja dengan tekun. Apalagi prospek gula tebu di pasaran harganya stabil. Dengan menggunakan pemasakan tradisional para santri mengolah air tebu menjadi gula tebu.


Sementara itu H. Zulkifli selaku pengasuh Ponpes Syech Muksin  menyampaikan,“Apa yang sudah dilakukan oleh Babinsa sampai dengan saat ini sudah menunjukkan bukti kemajuan dan peningkatan usaha pembuatan gula tebu, dengan ketekunan dan keuletannya Babinsa selalu hadir ditengah masyarakat termasuk para santri Ponpes Syech Muksin,”ujar H. Zulkifli.

Posting Komentar

0 Komentar