Recent Post



Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Berikan Motivasi Kepada Pengrajin Rotan

Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Serda Ul Awal mengunjungi salah satu tempat kerajinan rotan di Nagari Sako Utara Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan, Kamis (23/11/2021).


Sebagai salah satu sentra produksi kerajinan rotan di Kecamatan Sungai Pagu, pengrajin rotan tersebut membuat dan menjual berbagai kerajinan rotan seperti keranjang, tudung saji, tampi, tempat buah, pot hias dan ragam jenis lainnya.


Pemasarannya hingga ke luar Kecamatan Sungai Pagu bahkan hingga ke berbagai daerah di Provinsi Sumatera Barat.


Dimasa pandemi seperti sekarang ini, pengrajin rotan juga mendapat imbas yang luar biasa yakni Kurangnya dana untuk membeli bahan baku, permintaan yang sangat minim, membuat para pengrajin mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya.


Menurut keterangan salah seorang pengrajin rotan, Burhan (47), omset yang mereka dapatkan sangat menurun, hal ini karena kurangnya daya beli masyarakat Kendati jarang laku, kelompok pengrajin tetap memproduksi kerajinan dalam jumlah sedikit.


Mereka menjualnya kepada pemesan yang terbatas, selebihnya menyimpan untuk stok, harapannya, jika pandemi telah berakhir, akan mudah menjualnya kembali, termasuk mengirimkan pesanan ke sejumlah wilayah lainnya.

“Biasanya hampir setiap Minggu, ada pesanan dan pembeli kerajinan rotan tersebut, tapi semenjak ada virus corona, tidak selancar dulu, ada laku beberapa saja.” keluh Burhanudin.


Serda Ul awal dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar para pedagang ataupun pengrajin tetap semangat dan terus berkarya dalam menghasilkan kerajinan rotan sebagai sumber penghidupan, untuk pemasaran produk di masa pandemi, Serda Ul Awal menyarankan agar para pengrajin atau pedagang kerajinan rotan, memanfaatkan layanan Online dalam memasarkan produknya.


“Tetap semangat, manfaatkan internet sebagai sarana pemasaran, tetap memproduksi walau dalam skala kecil dan yang paling penting, mari sama-sama kita berdoa kepada Allah SWT, agar pandemi ini segera berakhir dan semuanya kembali seperti sediakala.” Pungkas Ul Awal.

Posting Komentar

0 Komentar