Recent Post



Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, DR. Afifi Fauzi Abbas, MA Padang Jopang Wafat




BARITONAGARINEWS.COM (BNN),  Lima Puluh Kota - Innalillahi wa inna ilahi rajiun. Al-Baqau lillah wahdah. Kabar duka menyelimuti warga Muhammadiyah dan umat Islam umumnya di kabupaten Lima Puluh Kota. Ketua PDM (Pengurus Daerah Muhammadiyah ) Lima Puluh Kota Buya, DR. H. Afifi Fauzi Abbas, MA dikabarkan wafat pada subuh Kamis, 30 September 2021 pukul 04.30, Wib. Kabar itu beredar di media sosial mengucapkan belasungkawa dari sejumlah akun. 

Akun facebook atas nama Afifi Fauzi Abbas dan Mona Eliza Ma dipenuhi tag belasungkawa yang ditandai oleh sejumlah akun.
 
Kabar ini dibenarkan oleh ustazd Edriyansyah, S.Psi., M.Pd salah seorang anggota Majelis Tabligh PD Muhammadiyah Limapuluh Kota melalui pesan singkat kepada baritonagarinews.co, Kamis (30/09). "Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Innalillahi wa inna illaihi rojiiuun. Telah berpulang dengan tenang ke Rahmatullah Bapak/Buya, DR. H. Afifi Fauzi Abbas, MA ( Ketua PDM Lima Puluh Kota ) Kamis, 30 September 2021 pk.  04.30, Wib. Mohon di maafkan segala kekhilafan yang dilakukan selama almarhum masih bersama kita. Dan kiranya Allah menempatkan Almarhum Husnul Khotimah dan dimasukan sorgaNya Allah...aamiin. Wassalam, PDM Lima Puluh Kota; Wakil ketua, Nurul Hadi. Sekretaris, Hamdi Samah. Insya Allah, di selenggarakan di Rumah kediaman almarhum di Kel. Tarok dan di maqamkan di Padang Japang".
 
Dikutip dari wikipedia Buya Dr. H. Afifi Fauzi Abbas, M.Ag. lahir 6 September 1956, adalah seorang ahli Fiqih, Syariah, Siyasah, Perbandingan Mazhab, Ekonomi Islam, dan Ilmu Falak di Indonesia. Beliau juga adalah Pimpinan Yayasan Wakaf Darulfunun El-Abbasiyah, Ketua Senat IAIN Bukittinggi, Ketua Muhammadiyah Lima Puluh Kota. 

Afifi Fauzi Abbas adalah anak dari pasangan Buya Fauzi Abbas, dan Yuhaena. Beliau adalah cucu dari ulama pembaharu pendidikan Islam dan pengorganisasian dakwah Syekh Abbas Abdullah. 

Ia menempuh pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Padang Japang, kemudian Madrasah Tsanawiyah, Surau Darul Funun di Padang Japang, Madrasah Aliyah, Surau Darul Funun di Padang Japang, Sarjana Muda Syariah BA di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sarjana Syariah Drs di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Magister Syariah di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Doktor Syariah juga di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Beliau saat ini mengajar di IAIN Bukittinggi dan pernah mengajar selama 30 tahun di UIN Syarif Hidayatullah, UHAMKA Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Sekolah Tinggi dan Manajemen PPM.

Beliau pernah dipercaya sebagai Ketua Jurusan Jinayah Siyasah, Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Wakil Dekan Administrasi Fakultas Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Direktur Percetakan Dikdasmen Muhammadiyah.

Selain itu beliau juga adalah Pimpinan Yayasan Wakaf Darulfunun, Direktur Darulfunun Institute dan pengajar Ushuluddin di kelas Surau Darulfunun dan Kuliyyatul Muallimin.

Beliau saat ini terlibat sebagai Ketua PDM Muhammadiyah Limapuluhkota, anggota Majlis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyah dan Ketua Senat IAIN Bukittinggi, pengalaman beliau juga pernah terlibat sebagai anggota Divisi Fatwa Majlis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, anggota Bendahara Majlis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Direktur Penerbit dan Percetakan Dikdasmen PP Muhammadiyah, anggota MUI, anggota LPOM MUI, peserta sidang Itsbat MUI, dan anggota ICMI.

Selain organisasi dakwah, beliau juga aktif dalam organisasi pergerakan dan sosial masyarakat, beliau adalah Pembina Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ciputat, Tokoh Masyarakat ASA (Perantau Sumatera) di Ciputat, Tokoh Masyarakat di Desa Pisangan, Ciputat, dan Wakil Ketua Yayasan Bhakti VII Koto Talago.

Riset Penelitian nya di S2 dan S3 IAIN Bukittinggi: Fiqih, Perbandingan Mazhab, Siyasah Syar'iyah, Ekonomi Syariah, Muamalah, Ilmu Falaq, Ushuluddin,

Topik penelitian di Darulfunun Institute: Studi Islam dan Peradaban, Pertanian dan Lingkungan Berkelanjutan, Energi dan Inovasi Teknologi, Industri Ekonomi Regional, Inisiatif, Kebijakan dan Keterlibatan Kolaboratif." ***

Pewarta : Fitra Yadi Malin Parmato 
 

Posting Komentar

0 Komentar