Recent Post



Babinsa Koramil 08 Bukit Sundi Hadiri Penanaman Padi Jarwo di Nagari Muara Panas

BARITONAGARINEWS.COM (BNN),  SOLOK - Babinsa Koramil 08/Bukit Sundi Hadiri Kegiatan Penanaman Padi dengan metode Jajar Legowo (Jarwo) yang diselenggarakan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bukit Sundi,  dilaksanakan di Demonstrasi Ploting (Demplot) Kelompok Tani Intan Korong Nagari Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok, Selasa (24/8/21)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPP Kecamatan Bukit Sundi Irianti S.Pt., Kapolsek Bukit Sundi  Iptu Tamrin S.H., Babinsa Koramil 08/Bukit Sundi Sertu Yuniyanto, PPL Nagari Muara Panas Lusti Marlin S.Pt., dan Ketua Kelompok Tani Intan Korong berserta anggota.

Dalam kesempatan itu Babinsa Sertu Yuniyanto menjelaskan bahwa Sistim Jajar Legowo (Jarwo) 2:1 adalah salah satu cara tanam pindah padi sawah yang mengatur setiap dua barisan tanaman dan diselingi dengan satu barisan kosong (legowo) dengan penerapan jarak tanam, baik dalam barisan maupun antar barisan. Prinsip dari sistem tanam Jajar Legowo adalah meningkatkan populasi tanaman sekitar 30% dengan mengatur jarak tanam sehingga dapat meningkatkan produksi.

"Sistem tanam jajar legowo memberikan ruang tumbuh yang longgar sekaligus populasi lebih tinggi. Dengan sistem tanam ini, mampu memberikan sirkulasi udara dan pemanfaatan sinar matahari lebih baik untuk pertanaman. Selain itu upaya pengendalian gulma dan pemupukan dapat dilakukan dengan lebih mudah," terang Babinsa.***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar