Recent Post



Babinsa Koramil 07 Sungai Lasi Dampingi Petugas Kesehatan Laksanakan Swab Test

BARITONAGARINEWS.COM (BNN),  SOLOK - Babinsa Koramil 07/Sungai Lasi Kodim 0309/Solok Kopda Demi Hidayat melaksanakan monitoring dan pendampingan tracing serta pemeriksaan kesehatan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen oleh Tim Penanganan Covid-19 Kecamatan IX Koto Sungai Lasi terhadap Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Jumat (6/8/21).

Hal ini terkait dengan kebijakan Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menetapkan penggunaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen sebagai salah satu metode dalam pelacakan kontak, penegakan diagnosis, dan skrining COVID-19, juga merupakan salah satu upaya peningkatan Testing dan Tracing sebagai bagian proses penyelidikan epidemiologi dan pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Koramil 07/Kopda Demi Hidayat, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Lasi Tenaga Kesehatan Puskesmas Sumgai Lasi, serta petugas tim Penanganan Covid-19 Posko PPKM Kecamatan IX Koto Sungai Lasi.

Kegiatan tracing serta pemeriksaan kesehatan RDT Antigen dilakukan setelah adanya temuan beberapa warga Nagari Sulit Air. Terkait hal itu, petugas kesehatan Puskesmas Sulit Air beserta tim penanganan Covid-19 PPKM Mikro Kecamatan Sungai Lasi lakukan Tracing serta melaksanakan tes RDT Antigen terhadap 4 orang warga di Nagari Siaro-Siaro dan Nagari Taruang-Taruang.

Babinsa Koramil 07/Sungai Lasi Kopda Demi Hidayat menjelaskan, “Kegiatan tracing serta pengecekan kesehatan RDT Antigen yang dilakukan tim kesehatan Puskesmas Sungai Lasi bersama tim penanganan Covid-19 PPKM Mikro untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut. Selain itu petugas juga meminta kepada anggota keluarga pasien supaya tidak panik dalam menghadapi situasi ini, tetap semangat dengan menjaga kesehatan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,” tandasnya

Ditambahkannya, “Kami menghimbau kepada masyarakat sekitar agar tidak mengucilkan pasien Covid-19 atau yang terkonfirmasi, dukungan dari lingkungan sekitar sangatlah dibutuhkan. Tetaplah waspada dan mematuhi protokol kesehatan, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan,” pungkas Babinsa. ***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar