Recent Post



Tracing Contact Covid-19, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dampingi Tim Puskesmas Sungai Kalu

BARITONAGARINEWS. COM (BNN),  SOLOK - Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok bersama Bhabinkamtibmas Polsek KPGD, mendampingi Tim Tracer dari Puskesmas Sungai Kalu saat melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jorong Bajawak Nagari Pakan Raba'a Utara Kecamatan KPGD Kabupaten Solok Selatan, Kamis (29/7/21).

Tracing contact terhadap warga terpapar Covid-19, Satgas Penanggulangan Covid-19 Skala Mikro Bagari Pakan Raba'a Kec. KPGD, Kab. Solok Selatan, wajib dilakukan, guna memutus mata rantai penularan virus corona.

Selama ini, Tim tracing dari Puskesmas bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas menjadi ujung tombak penanggulangan wabah Covid-19, untuk melacak warga yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Corona. Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Serka Yonedi mengatakan hal ini merupakan implementasi tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat teritorial kewilayahan.

 “Merupakan wujud sinergitas dan juga kemanunggalan TNI dengan rakyat, maka seorang Babinsa harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Sebagai seorang Tracer Tim penanganan Covid-19 harus bekerja cepat dikala ada pasien suspeck atau terkonfirmasi positif Covid-19, segera ditelusuri riwayat kontak erat dengan pasien sehingga dapat mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat,” Terang Yonedi.


 “Upaya memutus rantai penularan Covid-19 merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak, dan khususnya bagi keluarga dan kontak erat dengan pasien supaya melaksanakan isolasi mandiri dengan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan meminum suplemen vitamin serta selalu mematuhi anjuran Pemerintah tentang Protokol Kesehatan Covid-19,” tuturnya. 

Tim Tracer Puskesmas Sungai Kalu mengungkapkan, Kami merasa perlu melibatkan aparat TNI dan Polri dalam tracing contact, sebab tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif Corona atau tidak. Aparat ini bisa membantu kami dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen.”jelasnya disela-sela melaksanakan trecing terhadap warga.***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar