Recent Post



Tingkatkan Kwalitas Prajurit, Kodim 0309 Solok Gelar Giat Pelaksanaan Binsiap Apkowil Dan Puanter

BARITONAGARI.COM (BNC), SOLOK - Dalam rangka meningkatkan kesiapan Apkowil dalam pelaksanaan pembinaan teritorial dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0309/Solok menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apkowil) dan kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II TA. 2021, bertempat di Aula Makodim, jalan Ahmad Yani, No 01, Kel. IV Suku, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok. Rabu (02/06/2021)

Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apkowil) dan kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II TA. 2021 yang diikuti oleh seluruh Babinsa tersebut dalam rangka menunjang tugas pokok Kodim 0309/Solok.

Adapun tujuan kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan pembinaan teritorial dalam melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui Binter untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja ditengah wabah pandemi Covid-19.

Sambutan Dandim 0309/Solok, Letkol Arm Reno Triambodo, S.Sos. M.I.Pol., yang dibacakan oleh Pasiter Dim 0309/Solok, meminta para peserta dapat mengikuti dan menyerap materi yang diberikan dengan baik, sehingga dari kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter tersebut secara perorangan maupun satuan tiap prajurit mampu menjabarkan dan mengaplikasikan dalam kegiatan nyata Binter melalui metode binter bintahwil, bakti TNI, komsos sehingga dapat menyatu dan melebur memenangkan hati Masyarakat, serta dapat menjelaskan tentang keberadaan satuan kewilayahan di tengah-tengah masyarakat dihadapkan dengan Doktrin Pertahanan Negara Sishanrata.

"Harapan saya sebagai Pasiter, pelaksanaan binter harus berbarengan dengan kwalitas kemampuan ter di lapangan dapat diaplikasikan dengan Terencana, terkoordinasi dengan mengedepankan musyawarah mufakat," Terangnya

Untuk para Babinsa lanjutnya, "Harus terus meningkatkan lagi kemampuan binter terutama lima kemampuan teritorial guna menunjang pelaksanaan tugas di wilayah yang saat ini kita sedang dihadapi dengan pandemic Covid-19, pendekatan kepada masyarakat terus kita laksanakan dengan memberikan himbauan himbauan guna mencegah serta memutus mata rantai penyebaran covid-19," Ucap Kapten Inf Napitupulu.

Selain itu, Pasiter Kapten Inf K. Napitupulu juga menekankan kepada seluruh aparat kewilayahan (Babinsa) agar dalam pelaksanaan tugas dilapangan selalu utamakan keamanan dan keselamatan mengingat tugas yang kita laksanakan saat ini memang sangat rentan dengan penularan ditengah pandemi Covid-19.

Terkait Hal itu, untuk mendukung segala kebijakan Pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran covid-19 di wilayah jajaran Kodim 0309/Solok, agar selalu memonitor situasi di wilayah, baik disektor sentra ekonomi (pasar/Mall), sektor fasilitas umum (terminal/stasiun/kantor) dan sarana ibadah dengan terus menghimbau dan mensosialisasikan protokol kesehatan kepada warga masyarakat.

"Babinsa harus bisa melakukan sosisialisasi dan juga menghimbau masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M, seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu menjaga jarak dan menggunakan masker," Pungkas Kapten Inf K. Napitupulu

Adapun pemberian materi pelaksanaan kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter TW-II TA. 2021 diantaranya, materi Sikap Ter dan 5 kemampuan Ter oleh Pasiter Dim 0309/Solok, Kapten Inf Kristian Napitulu, materi tingkat ekonomi masyarakat di sekitar wilayah binaan oleh Danramil 01/Kubung, Kapten Arm Saparuddin, materi kondisi alam wilayah binaan oleh Pjs. Danramil 04/Payung Sekaki, Letda Inf Ahmad Guntur.

Selanjutnya materi pola sikap dan perilaku masyarakat yang ada di sekitar wilayah binaan oleh Pjs. Danramil 05/Tanjung Balik, Letda Inf Zulkifli, materi Adat istiadat dan budaya masyarakat di wilayah binaan oleh Danramil 06/Singkarak, Kapten Chb Endri Budiman Saputra, materi 3 metode binter oleh Danramil 08/Bukit Sundi, Kapten Inf Syahrial, materi perkembangan teknologi dan informasi oleh Danramil 10/Lembah Gumanti, Kapten Chb Indra Gunawan.***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar