Recent Post



Babinsa Koramil 06/Singkarak Hadiri Rapat Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Nagari Aripan

ARIPAN, BARITONAGARI.COM - Babinsa Nagari Aripan Serda Parizal Sani Personil Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok hadiri pertemuan penyaluran pupuk bersubsidi gapoktan, pengurus gapoktan wilayah kios pupuk  bersama Dinas Pertanian Kabupaten Solok, bertempat di Kantor Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak, Senin ( 1/2/21).

Hadir pula pada acara Kepala Dinas Pertanian Kab.solok, Camat X Koto Singkarak, Kepala BPP Kec.X Koto Singkarak, Wali Nagari Aripan, Babinsa Nagari Aripan, Distributor Tani Nan Dihati, Ketua BPN Aripan, Ketua KAN Aripan,  Ketua LPMN Aripan, Kios Saiyo Sakato Aripan

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda setiap tahunnya dilaksanakan membahas tentang penyaluran pupuk bersubsidi, kelompok menerima pupuk berdasarkan RDKK yang di ajukan. pesanan pupuk yang di tuangkan pada RDKK berdasarkan musyawarah yang di putuskan bersama. pupuk bersubsidi antara lain Urea, ZA, SP 36. Ponska dan petroganik. pembuatan RDKK di mulai dari kelompok. tanaman yang di ajukan pupuk bersubsidi harus sesuai dengan RDKK jadi untuk penyaluran pupuk harus sesuai pengajuan jenis tanaman yang di tanam . misalnya pengajuan pupuk untuk menanam padi bukan untuk tanaman ketela . masing 2 kelompok hitungan pupuk bersubsidi sudah jelas. kami berharap pada penyaluran pupuk di tiap tiap kelompok tani sesuai dengan RDKK . pupuk bersubsidi ini merupakan pupuk yang selalu dalam pengawasan , pupuk utk tanaman pangan , perkebunan dan tegal. di peruntukkan juga pada tananaman tambah tanam baru yang belum pernah ditanami tanaman padi, jagung maupun kedelai . harga 6pupuk bersubsidi masih stabil haparan kami kios pupuk menyalurkan sesuai harga yang sudah di tetapkan.

Dalam sesi tanya jawab perwakilan dari salah satu poktan dari Nagari Aripan,  menyampaikan tentang pemberian pupuk pada tananam sesuai hitungan baik kurang maupun lebih , ternyata juga cukup. penjelasan dari PPL tanah yang ditanami kalau di kasih bahan kimia yang berlebihan menimbulkan tanah menjadi rusak atau tanaman menimbulkan banyak hama, untuk itu penggunaan pupuk kimia harus sesuai luas lahan lebih baik pakai pupuk organik untuk memperbaiki tanah agar tetap subur.” terangnya.”

Babinsa Nagari Aripan Serda Parizal Sani menambahkan terkait dengan pupuk bersubsidi dan pertanian bebinsa dan PPL sebagai pendamping pertanian , harapan kami jaga kekompokan antar kelompok tani sehingga setiap masalah sekecil apapun bisa diselesaikan secara musyawarah . babinsa juga mengatakan untuk mendukung***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar