Recent Post



Melalui Rapat Kordinasi, Babinsa Bersama Instansi Terkait Tetapkan Tanggap Darurat

SOLSEL, BARITONAGARI.COM -Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Solok Selatan berdampak pada naiknya volume air di Sungai Batang Laweh Selatan, Jorong Batang Laweh Barat, Nagari Pasar Talang Barat, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok, sehingga air meluap ke daratan hingga pemukiman warga.

Hari ini, Sekda Solok Selatan, Doktor H. Fidel Efendi, MM., melalui rapat mendadak menetapkan status tanggap darurat di wilayah Kecamatan Sungai Pagu, menyikapinya terjadi bencana banjir bandang di Jorong Batang Laweh Barat, Nagari Pasar Talang Barat, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok akibat meluapnya volume air di Sungai Batang Laweh Selatan.

Babinsa Koramil 03/Muaralabuh, Kopda Deded Suardi mengatakan, status tanggap darurat bencana ini ditetapkan setelah seluruh pihak dengan instansi terkait menggelar rapat koordinasi dan menetapkan kesepakatan antar instansi, status tanggap darurat bencana akan diterapkan hari ini selama empat belas hari kedepannya.

Kopda Deded menyampaikan bahwa banjir di Jorong Batang Laweh Barat, Nagari Pasar Talang Barat, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok selain disebabkan curah hujan tinggi juga karena sampah-sampah sehingga aliran air meluap dan menggenangi pemukiman warga. "Persoalannya adalah yang pertama aliran air itu tersumbat," katanya.  

Babinsa Koramil 03/Muaralabuh mengingatkan kepada masyarakat dari hal paling sederhana yakni tidak membuang sampah sembarangan hingga merawat kawasan hulu sungai. "Segala kesulitan warga bisa teratasi dan menyiapkan langkah pencegahan serta penanggulangan bencana di masa mendatang dengan menjaga kebersihan sungai bilamana curah hujan sangat tinggi," pungkas Kopda Deded Suardi.

Rapat koordinasi ini dihadiri Sekda Kabupaten Solok Selatan, Doktor H. Fidel Efendi, MM., Kapolsek Sungai Pagu, AKP elfi indra dan Kalaksa BPBD Solok Selatan, Rici amran serta Dinas Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran Solok Selatan (jon indra).

Posting Komentar

0 Komentar