Recent Post



Bidik Target Wistara Forum Kabupaten Solok Sehat Berguru Ke Sijunjung dan Payakumbuh

PAYAKUMBUH,BARITONAGARI.COM- Dalam rangka membidik target meraih penghargaan Swasti Saba Wistara (Penghargaan Tertinggi Kabupaten/Kota Sehat) pengurus Forum Kabupaten Solok Sehat (FKSS) melakukan Studi Banding atau berguru ke Forum Sehat Kabupaten Sijunjung dan Forum Sehat Kota Payakumbuh, pada 23 - 25/9/2020.
   Pasalnya, selama ini Forum Kabupaten Solok Sehat (FKSS) sudah berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa pada Tahun 2015 dan Swasti Saba Wiwerda pada Tahun 2017 dan 2019.
   Swasti Saba Wistara merupakan Penghargaan Tertinggi Kabupaten/Kota Sehat untuk Kualifikasi Pengembangan dengan 5 Tatanan.
   Swasti Saba Wiwerda untuk Kualifikasi Pembinaan dengan 3 Tatanan sedangkan Swasti Saba Padapa untuk Kualifikasi Pemantapan dengan 2 Tatanan.
   Ketua Forum Kabupaten Solok Sehat (FKSS) H. Syafrizal Ben didampingi tiga Wakil Ketua yakni Riswan Jaya, SH, Drs.Rusli Intan Sati, MM, Yasril Yakub, S.Ag dan jajaran pengurus lainya kepada media ini mengatakan, Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat atau Swasti Saba yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2005 oleh Pemerintah Pusat, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005.
   Syafrizal Ben yang akrab disapa pak Haji ini menyebutkan, Program Kabupaten/Kota Sehat bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya. Dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain.
  " Sehingga dapat meningkatkan sarana, produktifitas dan perekonomian masyarakatnya " katanya.
   Ia juga menyebutkan, Forum Sehat Kabupaten Sijunjung dan Forum Sehat Kota Payakumbuh yang dikunjungi rombongan Forum Kabupaten Solok Sehat, sudah lebih dahulu berhasil meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara. Penghargaan bergengsi dibidang Kesehatan, yang juga diidam-idamkan Kabupaten/Kota lain diseluruh Indonesia.
   Karena kata Syafrizal Ben mengemukakan, setiap dua tahun sekali penghargaan Swasti Saba tersebut, diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri didampingi Menteri Kesehatan mewakili Pemerintah Pusat di Kemendagri RI di Jakarta, kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota yang daerahnya berhasil meraih penghargaan Swasti Saba baik Wistara, Wiwerda dan juga Padapa. 
   Lebih lanjut dikatakan Syafrizal Ben, bahwa Forum Sehat Kabupaten Sijunjung sudah 3 (tiga) kali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dari Pemerintah Pusat.
    Sedangkan Forum Sehat Kota Payakumbuh ujar Syafrizal Ben mengemukakan, sudah meraih penghargaan Swasti Saba Wistara sebanyak 6 (enam) kali , sejak tahun 2009.
   Jauh beberapa tahun sebelumnya kata Syafrizal Ben mengemukakan, Forum Sehat Kabupaten Sijunjung dan Forum Sehat Kota Payakumbuh, juga sudah lebih dahulu meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dan Swasti Saba Wiwerda.
   " Jadi sudah sepantasnya kita Forum Kabupaten Solok Sehat menimba ilmu ke Forum Sehat Sijunjung dan Forum Sehat Kota Payakumbuh untuk sharing berbagai informasi " tutur Syafrizal Ben. 
   Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dr Maryeti Mawarzi, M. Mars didampingi Kabid Kesling Zulhaimi, SKM dan Kasi Jamal, SKM kepada media ini mengatakan, bahwa jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dan stake holder terkait lainya, mendukung semua program kegiatan Forum Kabupaten Solok Sehat.
  Sementara itu, informasi yang dihimpun media ini, dalam kunjunganya ke Kabupaten Sehat Sijunjung, Forum Kabupaten Solok Sehat yang terdiri dari 14 orang Pengurus dan pejabat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dan Barenlitbang Kabupaten Solok itu, diterima Sekda Sijunjung. Diwakili Asisten III dr.Edwin Suprayogi, MKM didampingi Ketua Forum Sehat Sijunjung Fajar Seftrian di Sekretariat Forum Sehat Sijunjung di samping Gedung Pancasila di Muaro Sinjunjung.
    Ketua Forum Kabupaten Sehat Sijunjung Fajar Seftrian didampingi jajaran pengurus lainya dalam pemaparanya dihadapan pengurus Forum Kabupaten Solok Sehat antara lain mengatakan, kunci keberhasil Forum Sehat Sijunjung meraih Swasti Saba Wistara juga berkat sering melakukan Studi Banding sharing informasi ke Kota/Kabupaten daerah lain di Indonesia. Seperti ke Pulau Jawa dan ke Sulawesi.
   " Selain itu juga berkat dukungan penuh dari Bupati dan Pemerintah Kabupaten Sijunjung , stake holder terkait juga peran serta aktif seluruh komponen masyarakat " tutur Fajar Seftrian.
   Sedangkan di Kota Payakumbuh, kedatangan rombongan Forum Kabupaten Solok Sehat diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bahrizal, MKM dan Ketua Forum Sehat Kota Payakumbuh Amrizal dan jajaran pengurus lainya.
    Dalam pemaparanya dihadapan pengurus Forum Kabupaten Solok Sehat saat beraudiensi di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dan juga ke Sekretariat Forum Sehat Kota Payakumbuh, Amrizal antara lain mengatakan, Forum Sehat Kota Payakumbuh dalam menjalankan program kegiatanya didukung dengan 14 Peraturan Wali Kota (Perwako). 
    Selain itu katanya, seluruh program kerja Forum Sehat Kota Payakumbuh, juga didukung penuh oleh stake holder terkait, pengurus Forum Sehat yang ada di 5 Kecamatan dan 47 Kelurahan di Kota Payakumbuh.
  "Dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah berkat dukungan penuh dan peran serta aktif warga masyarakat Kota Payakumbuh " tutur Amrizal. (rjt). 
    
 

Posting Komentar

0 Komentar