Recent Post



Rapat Koordinasi Lintas Sektor Bahas Persiapan Idul Fitri dan Arus Mudik Lebaran 2024 di Payakumbuh

Payakumbuh, BN-News - Guna membahas persiapan Idul Fitri 1445 Hijriyah dan arus mudik lebaran tahun 2024, pemerintah kota Payakumbuh menggelar rapat koordinasi lintas sektoral di ruang rapat Randang, Balaikota Payakumbuh Jl. Veteran No. 70 Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh pada Selasa (19/3/2024).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, PJ. Wali Kota Payakumbuh Drs. Jasman, M.M Datuak Bandaro Bendang, Sekdako Payakumbuh Drs. H. Rida Ananda, M.Si., Dandim 0306/50 Kota diwakili Danramil 01 Payakumbuh Mayor Inf M. Komsah, Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, Dandenzipur 2/Ps Mayor Czi Falix Surbakti, Pasi Intel Yonif 131 /Brs lettu Inf Mazlan, DanSup POM 1/4-1 Payakumbuh Kapten CPM Danang, Camat se-kota Payakumbuh dan Kepala OPD Terkait.

Sebagaimana rilis yang diterima BN-News pada sore Selasa (19/3/2024), kegiatan Rakor tersebut dipimpin Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda.

Dalam pengantarnya PJ. Wali Kota Payakumbuh Drs. Jasman, M.M Datuak Bandaro Bendang mengatakan "bahwa pemerintah akan melakukan berbagai upaya dalam rangka pelaksanaan Idul Fitri 1445 Hijriyah dan arus mudik Lebaran tahun 2024 agar berjalan baik. Mulai dari jaminan keamanan masyarakat dalam beribadah, kesediaan pangan dan stabilitas harga pangan, hingga  kesiapan infrastruktur dan transportasi yang akan digunakan mudik dan balik lebaran oleh masyarakat."

"Perayaan Idul Fitri tahun 1445 Hijriyah ini sepertinya tidak terjadi perbedaan, meskipun tetap harus menunggu hasil sidang isbat di akhir Ramadhan nanti. Untuk itu, sesuai dengan arahan Presiden pada sidang kabinet bulan lalu, kita harus dapat menyiapkan dengan baik pelaksanaan Idul Fitri 1445 H dan arus mudik tahun 2024 ini, diantaranya agar memastikan tiga hal yaitu jaminan beribadah dengan khusyuk, ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok, serta kesiapan infrastruktur jalan dan moda transportasi," ujar Rida Ananda.

Sementara itu Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalui Mayor Inf Komsah mengatakan, "rakor ini dimaksudkan untuk memastikan semua kementerian dan lembaga sesuai dengan kewenangan serta tugasnya untuk mempersiapkan terkait dengan perayaan idul Fitri dan mudik lebaran."

"Dalam situasi bulan Ramadhan saat ini dan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk menjaga situasi Kamtibmas yang aman serta untuk mengantisipasi ketersedian Bahan Pokok Penting (Bapokting) di wilayah Kota Payakumbuh khususnya"

"Kita harus bersama-sama melakukan pemantauan Bapokting di pasar untuk mencegah terjadinya Panic Buying serta laksanakan pengamanan tempat Ibadah untuk memberi rasa aman terhadap jamaah yang melaksanakan ibadah di seluruh mesjid, khususnya Kota Payakumbuh"

"Kodim 0306/50 Kota akan mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah, dan bersama rekan rekan kepolisian menjaga situasi kamtibmas yang aman selama Puasa Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, pungkas Dandim melalui Mayor Inf Komsah." pungkasnya.*

Pewarta: F. Malin Parmato / Hms

Posting Komentar

0 Komentar