Recent Post



Modal Semangat, SMPN 5 X Koto Juara Lomba Pionering Tingkat Sumbar

Tanah Datar, BN-News - Berhasil mengharumkan nama Kabupaten Tanah Datar ditingkat Provinsi Sumatera Barat, setelah meraih juara 1 dan II kategori penggalang Tingkat SMP/MTs se-Sumatera Barat dalam lomba Pionering di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik, Kabupaten Padang Pariaman, SMP Negeri 5 X Koto, Tanah Datar, patut diacungkan jempol. 

Hanya bermodalkan semangat dan kegigihan dalam berlatih, siswa-siswi SMP Negeri 5 X Koto Tanah Datar berhasil mengalahkan 17 sekolah tingkat SMP/MTs se-Sumatera Barat dengan karya jembatan kreasi. Dan hebatnya lagi, SMPN 5 X Koto satu-satunya sekolah dari Kabupaten Tanah Datar yang ikut dalam lomba Pionering tingkat Sumbar. 

Peonering merupakan salah satu teknik Pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, seperti bangunan kreatif, tandu, menara pandang kaki tiga dan sebagainya. Meski awam bagi masyarakat, tetapi sangat dikenal diarena Pramuka. 

"Alhamdulillah. SMPN 5 X Koto berhasil menjadi juara dalam lomba Pionering tingkat Sumatera Barat. Dan kita satu-satunya sekolah yang ikut dari Tanah Datar. Di tengah keterbatasan sarana ekstrakurikuler kita masih bisa menjadi juara tingkat Sumbar," sebut Kepala Sekolah SMP Negeri 5 X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Edliandril, S. Pd, didampingi guru pembina Desi Inggriani, S. Pd dan pelatih Hasan Agustian, di SMPN 5 X Koto Kepada wartawan, Kamis 29 Februari 2024. 

Disampaikan Edliandril, torehan prestasi demi prestasi pada lomba pionering tidak hanya kali ini saja diraih siswa-siswi SMP Negeri 5 X Koto. Sebelumnya SMP Negeri 5 X Koto juga meraih juara 1 tingkat Sumbar yang dilaksanakan di MAS Terpadu Guguk Randah, Kabupaten Agam pada Minggu 4 Februari 2024. 
Kemudian juara 1 Tingkat Sumbar di MAN 3 Padang Panjang pada Minggu 28 Januari 2024. Juara 3 Tingkat Sumbar di Nurul Ikhlas Sabtu 27 Januari 2024. Juara 1 Tingkat Sumbar di SMAN 3 Padang Panjang pada Sabtu 21 Oktober 2023. Juara 3 se-Pabasko yang dilaksanakan di MAN Sumpur dan juara 3 Tingkat Sumbar di SMAN 2 Padang Panjang. 

"Semangat anak-anak kita sangat luar biasa, setiap kali akan berlomba mereka tak kenal lelah untuk berlatih dan berlatih. Latihan sering mereka laksanakan  di malam hari setelah salat Magrib terkadang d sekolah dan terkadang di rumah guru pembina. 
Dan setiap kali mengikuti perlombaan modal kita hanya semangat. Berangkat dari semangat untuk maju akhirnya sampai di arena pertandingan," sebutnya. 

Kepala sekolah, guru pembina dan pelatih mengucapkan terimakasih atas dukungan dari orangtua siswa, komite dan guru-guru SMP Negeri 5 X Koto, atas supor dan dukungan yang diberikan sehingga menambah kekuatan untuk siswa ketika berlaga diarena pertandingan. 

"Anak-anak kita punya modal semangat dan kemauan yang kuat, gigih dan pantang menyerah. Mereka rata-rata berlatarbelakang dari keluarga petani. Dan terimakasih kepada orangtua, komite dan guru yang sudah mensuport anak-anak kita," ucapnya. 

Dia berharap agar sarana dan prasarana ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 5 X Koto kedepan mencukupi. Mengingat saat ini sangat minim sekali. 

"Harapan kami semoga sarana dan prasarana ekstrakurikuler Pramuka bisa lengkap. Kalau saat ini masih minim. Karena tidak semua siswa mampu di bidang akademik. Tetapi sangat bagus dan memiliki prestasi dibidang ekstrakurikuler," tambah guru pembina Desi Inggriani.***

(Pewarta : Khatik)

Posting Komentar

0 Komentar