Recent Post



Pemberdayaan Masyarakat di Bukittinggi Melalui Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Oleh Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama dan BPOM


Bukittinggi, baritonagarinews.com_Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama, bekerja sama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Padang, mengadakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di Aula Pertanian Kelurahan Pakan Kurai, Kota Bukittinggi, pada Jumat (19/1).

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Kepala Balai Besar Pom di Padang Drs. Abdul Rahim, Kepala Balai Pom Payakumbuh, Iswadi, dan sejumlah tokoh masyarakat. Antusiasme mencapai 500 peserta.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar Pom Padang, Drs. Abdul Rahim, menjelaskan peran BPOM dalam mengawasi keamanan, khasiat, dan mutu obat, makanan, dan produk kesehatan di Sumatera Barat.

Ade Rezki Pratama dari Komisi IX DPR RI menekankan pentingnya edukasi masyarakat terkait konsumsi produk kesehatan. 

Selain itu, Ia berharap tahun 2024 akan melihat peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Bukittinggi dengan didirikannya puskesmas baru di kecamatan ABTB.

Pusat Kesehatan tersebut juga akan dilengkapi dengan peralatan medis, termasuk alat USG, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Bukittinggi nantinya setiap Puskesmas akan ada 1 USG, ucapnya.

Dalam konteks obat-obatan dan kosmetik, Ade Rezki Pratama mengingatkan pentingnya memilih produk yang telah memiliki izin edar untuk menjaga kesehatan jangka panjang. 

Masyarakat diingatkan untuk selalu membeli produk dari sumber yang terpercaya, memeriksa tanggal kedaluwarsa, dan memperhatikan label BPOM guna memastikan keamanan konsumsi, ucapnya.

Pada kesempatan itu, sejalan dengan edukasi, Narasumber yang diberikan oleh Kepala Loka POM Payakumbuh, Iswadi, menyampaiakan beberapa bahan makanan yang diawasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dapat mencakup

Pangan Olahan, Berbagai jenis makanan olahan yang diproduksi secara massal dan dijual di pasaran. Minuman Kemasan, Termasuk minuman dalam kemasan, seperti air mineral, minuman ringan, dan jus.

Kemudian Obat-obatan, Produk farmasi dan suplemen kesehatan yang dijual di pasaran.Bahan Tambahan Pangan, Zat-zat yang ditambahkan ke dalam makanan untuk tujuan tertentu, seperti pewarna, pengawet, dan penguat rasa.

Terakhir, Makanan Siap Saji, Produk makanan yang telah diolah dan siap dikonsumsi, seperti makanan cepat saji. Pastikan selalu membeli produk makanan dari sumber yang terpercaya dan memperhatikan tanggal kedaluwarsa serta label BPOM untuk memastikan keamanan konsumsi, pungkas Iswadi. *** 

Pewarta : stm

Posting Komentar

0 Komentar