Recent Post



Berjumlah 108 Orang Siswa SMA Praja Sumatera Barat Dikukuhkan Menjadi Muda Praja Dan Madya Praja Di Halaman SPN Polda Sumbar Padang Besi.


Padang BN-News_
Sekolah Menengah Atas (SMA) Praja Nusantara Sumbar di kukuhkan, Pengukuhan dilaksanakan pada hari Senin (3/10/2023) di Halaman SPN Polda Sumbar Padang Besi.
 
Pengukuhan siswa SMA Praja Nusantara Sumatera Barat menjadi muda praja dan madya praja angkatan ke 2 berjumlah 108 berlangsung dengan tertib dan khitmad yang dilaksanakan kemaren di Halaman SPN Polda Sumbar Padang Besi.

Pengukuhan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs.Barlius, Walikota Padang diwakili sekda Andree, Dantamal 11 Teluk Bayur, Danrem 032, Kepala SPN Polda Sumbar, Kacabdin Wilayah II Yul Hardi, Pengawas SMA Praja Misdawati, Kepala SMAN 1 dan Kepala SMAN 2 Padang Pariaman dan beberapa perwakilan orangtua.

Bertindak selalu inspektur upacara Pendiri SMA Praja Defi Endri, dan sekaligus mengukuhkan siswa SMA Praja Nusantara Sumbar menjadi Muda Praja dan Madya Praja ditandai dengan Pemasangan pangkat oleh Sekda Kota Padang Andree, didampingi Dandem, Dantamal dan Kepala SPN Polda Sumbar.

Dalam amanatnya Defi Endri, menyampaikan bahwa pengukuhan ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya bagi siswa dan siswi SMA Praja."Nanti di kelas III dikukuhkan lagi menjadi Nindya Praja dan setelah tamat nanti dilantik menjadi Purna Praja ",ujar Defi Endri.

Dikatakan bahwa syarat untuk memakai atribut, uniform SMA Praja, siswa harus dikukuhkan terlebih dahulu, katanya.

Lebih lanjut Defi Endri mengatakan bahwa Yayasan Binus sedang membangun kampus baru untuk SMA Praja di Kampung Baru kawasan BIM. Ditargetkan ajaran baru mendatang sudah mulai PBM di bangunan baru.
Untuk memperingati hari Pahlawan, SMA Praja bekerjasama dengan SPN Polda Sumbar akan melaksanakan lomba PBB murni tingkat SLTA Se Sumatera Barat yang memperebutkan piala bergilir Gubernur Sumatera Barat dan piala tetap dari Kadis Pendidikan,Walikota ,Yayasan Binus dan Kapolda Sumbar.

Pendiri Praja mengucapkan terima kasih kepada Kadis Pendidikan Sumbar Barlius yang sudah berkenan hadir dan memberikan sambutan di acara pengukuhan siswa SMA Praja Nusantara Sumbar dan ucapan terima kasih kepada semua undangan yang telah hadir dan semua pihak yang telah mendukung suksesnya pengukuhan ini.

"Belum pernah setahu saya pak kadis menghadiri kegiatan SMA atau SMK Swasta selama beliau menjadi Kadis,tapi Alhamdulillah pak Kadis Barlius, hadir ke SMA Praja disela sela kesibukan beliau yang padat. Ini berarti bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar tidak membeda bedakan sekolah negei dengan sekolah swasta.Di mata Pak Kadis, sekolah negeri dan sekolah swasta adalah sama sama di bina dan diperhatikan",ujar Def yang juga ketua Umum Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Sumbar ini.

Sementara itu, AKBP Budi Utami selaku Ketua Panitia Pengukuhan mengatakan bahwa sebelum dikukuhkan siswa wajib telah melaksanakan PDLKS (Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan Siswa ) selama 1 bulan dan telah mengikuti MOS serta wajib telah selesai mengikuti Outbound.

"Di kegiatan Outbound siswa dihadapkan dengan berbagai macam rintangan seperti,panjat tebing, rintangan kawat berduri,merayap dan merapap tambang serta rintangan-rintangan lainnya",ujar Budi Utami.
Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat Drs.Baius dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang dipersiapkan oleh pendiri SMA Praja agar siswa SMA Praja tamat nanti dari pendidikannya bisa lolos di TNI, Polri dan sekolah ikatan dinas adalah hal yang tepat.Karena untuk memasuki sekolah polisi dan TNI perlu persiapan fisik, kesehatan dan akademik yang matang. Bukan persiapan yang dikarbitkan.

"Setahu saya hanya SMA Praja Nusantara Sumbar yang benar benar mempersiapkan siswanya untuk lolos melanjutkan pendidikan di TNI,Polri dan Sekolah Kedinasan",ujar Kadis.

Kadis Pendidikan mengapresiasi dan memberikan ucapan selamat kepada seluruh siswa SMA Praja yang sudah dilantik.

Dikesempatan itu pula diserahkan sertifikat penghargaan kepada 4 orang siswa terbaik Outbound yang diserahkan langsung Kadis Pendidikan, Pendiri SMA Praja dan Kacabdin serta pengawas.

Selesai pengukuhan dilanjutkan dengan pelantikan perdana pengurus OSIS SMA Praja Nusantara Sumatera Barat periode 2023/2024.Sebagai Ketua terpilih Zakia asal Sawah Lunto.*** 

Pewarta : stm

Posting Komentar

0 Komentar