Recent Post



Gelar Sosialisasi Peran Forkopimda Dalam Menjaga Kondusifitas dan Stabilitas Keamanan Pemilu 2024

TANJUNG ALAI, BN News - Satgas TMMD 118 Kodim 0309/Solok menyelenggarakan Sosialisasi Peran Forkopimda Dalam Menjaga Kondisifitas dan Stabilitas Keamanan Pemilu Bertempat di Aula  SDN 18 Tanjung Alai,Rabu (27/9/23)

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Pasiter Dim 0309/Solok Kapten Inf P. Simajoerang Kabag Kesbangpol Kab. Solok Jhoni S.Sos., M.M., Hakim pengadilan Negeri kotobaru
Timbul Jaya S.H., Hakim PN Solok, Cornelius Bill Hiemer S.H., Kejaksaan Negeri Solok
Edo DD Pisano S.H., Wakil Ketua DPRD kab Solok, Ivony Munir, Kasat intel Polres Solok Kota Dwi hartanto S.H., Wali Nagari Tanjuang Alai Yurdam S.e., dan peserta sosialisasi

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0309/Solok, Kapten Inf Pardomoan Simanjorang dalam sambutannya menyampaikan poin-poin penting terkait dengan Netralitas TNI dalam Pemilu 2024 yakni agar Prajurit TNI selalu pegang teguh Netralitas TNI di tahun politik menuju Pemilu dan Pilkada 2024, Prajurit tidak boleh memihak atau mendukung parpol serta pasangan calon dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Kemudian dalam pelaksanaan acara Pemilu tersebut, TNI dilarang untuk memberikan fasilitas tempat atau sarana prasarana milik TNI sebagai sarana kampanye.

Kabag Kesbangpol Kab. Solok Jonny S.Sos., M.M.,  mengatakan bahwa untuk menjaga Potensi gangguan keamanan menjelang pemilu diantaranya Polarisasi politik, politik identitas, politik uang, berita bohong (hoax), ujaran kebencian. Selanjutnya Peran Forkopimda dalam menjaga stabilitas keamaanan saat pemilu 2024 yaitu  deteksi dan cegah dini potensi atau kerawanan yang dapat menimbulkan perpecahan , melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait bahaya hoax/ polarisasi, melaksanakan patroli dan meningkatkan giat patroli pada jam rawan, meningkatkan kerjasama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan TNI POLRI.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan ormas yaitu Melakukan deteksi dini terhadap potensi konflik, membantu dalam memlihara dan menjaga keamanan selama proses pemilu di lingkungan tugasnya, berkoordinasi dengan POLRI dalam melakukan tindakan pengamanan.

Pewarta : 007/008.

Posting Komentar

0 Komentar