Recent Post



Wako Solok Audiensi dengan Ketum KONI Pusat

SOLOK KOTA - BN News - Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si audiensi dengan Ketua Umum KONI Pusat, bertempat di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Senayan, Jakarta Pusat,  Selasa (29/8). Turut mendampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Nurzal Gustim, Ketua KONI Kota Solok Rudi Horizon, Pranata Humas Muda Yopi Permana serta Kasubbag Umum Dispora Yulindo.
Zul Elfian Laporkan kepada Ketum kondisi Kota Solok terkini khususnya dalam pengembangan keolahragaan, mulai dari prestasi olahraga sampai rencana Kota Solok tuan rumah porprov tahun 2025.

Wako ungkapkan bahwa olahraga menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Solok dalam membangun dan mengembangkan pembangunan karakter dan jati diri bangsa serta pembentukan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

Namun, saat ini menjadikan olahraga sebagai salah satu penyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat juga sangat membantu Pemerintah Daerah ditengah keterbatasan kemampuan keuangan daerah melalui sport tourism. Pembangunan dan pengembangan prasarana olahraga yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat Kota Solok menjadi salah satu prioritas, yang keberadaannya saat ini masih sangat minim dan belum memenuhi standar prasarana olahraga, baik untuk prasarana olahraga tradisional maupun prasarana olahraga modern.

Penekanan wako dalam laporannya lebih pada upaya percepatan penyelesaian stadion H. Marah Adin yang telah sampai ke tahap IV dari V tahapan yang direncanakan. Beliau juga menyampaikan selama ini telah dilakukan pelaksanaan melalui APBD Kota Solok dan juga Bantuan Keuangan Khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 

"Mengingat satu-satunya Kota yang belum memiliki stadion bola serta ditambah lagi rencana keinginan Kota Solok menjadi tuan rumah Porprov 2025. Penyelesaian stadion menjadi sangat prioritas. Akan tetapi, keterbatasan keuangan daerah menjadi kendala dalam penyelesaiannya. Mohon juga dukungan pak Ketum dengan juga ikut mengkomunikasikan dengan kemenpora" ungkap Wako.

Disisi lain, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman didampingi Wakil I Ketua Umum Mayjen TNI (Purn) Suwarno, Kabid Pembinaan Prestasi Gugun Yudinar dan Kabid Humas Effendi Soen, menyambut baik kedatangan Wako beserta jajaran. Banyak pesan dan arahan yang disampaikan Ketum terkait pengembangan olahraga di Kota Solok, termasuk pembinaan olah raga prestasi.

Beliau juga sangat merespon harapan Wako dan berjanji akan membantu Wako dalam hal upaya percepatan penyelesaian pembangunan Stadion Sepak bola H. Marah Adin Kota Solok.

"Terkait tuan rumah Porprov saya sarankan pak Wali untuk dapat mengkomunikasikan kembali dengan Gubernur termasuk KONI, PON baru selesai di 2024, tentunya 2025 merupakan persiapan. Ada baiknya porprov dilaksanakan tahun 2026 karena PON berikut di 2027. Disamping kelapangan waktu mempersiapkan kelengkapan venue penyelenggaran juga ada waktu persiapan atlit. Karena dari hasil evaluasi penyelenggaraan porprov dibeberapa provinsi, kecenderungan persiapan Altit yang jauh dari siap, sehingga resiko cedera dapat diminimalisir" ungkap Ketum.

Untuk pembinaan prestasi olahraga Marciano mengingatkan Wako untuk lebih memprioritaskan cabor yang menjadi unggulan daerah dari 17 cabor yang masuk Disain Besar Olah Raga Nasional.

"Disamping pembinaan prestasi secara keseluruhan cabor tentunya ada yang menjadi unggulan didaerah. Dan pesan saya sesuaikan dengan potensi cabor yang ada di Kota Solok dan itu dijadikan unggulan untuk mewakili daerah dalam PorProv, PorWil maupun PON" pesan Ketum.

"Prinsipnya KONI sekarang memberi ruang kepada seluruh daerah, KONI dan akan mendampingi serta mendukung dalam pembinaan dan peningkatan kemajuan olah raga di daerah", tutup Marciano.

Pewarta : 007/008.

Posting Komentar

0 Komentar