Recent Post



Terkendala Alat Pemasaran UMKM, Mahasiswa KKN Unand Berikan Bantuan Handphone Pada Pelaku UMKM di Nagari Muaro Pingai Kabupaten Solok.


Junjung Sirih,BN News_Mahasiswa Universitas Andalas melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok.Selasa.(01/08).

Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasikan oleh Universitas Andalas sebagai perguruan tinggi penyelenggara KKN dan Melalui kegiatan itu mahasiswa KKN Unand Nagari Muaro Pingai membuat rancangan program kerja selama 40 hari masa pengabdian.

Salah satu program kerja yang dicanangkan oleh mahasiswa KKN Nagari Muaro Pingai adalah membantu UMKM masyarakat setempat. Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, diketahui terdapat 68 UMKM di Nagari Muaro Pingai. Namun, terdapat lima UMKM yang unik dan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.

Melihat hal tersebut, mahasiswa KKN Unand tergerak hati untuk membantu UMKM tersebut dengan melakukan beberapa kegiatan seperti: digitalisasi UMKM, membantu produksi, dan mempromosikan UMKM. 

Berdasarkan kunjungan ke setiap lima UMKM tersebut, mahasiswa KKN Unand menemukan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Permasalahan tersebut berupa kurangnya modal produksi, branding produk, dan tidak adanya alat komunikasi.
Mahasiswa KKN Unand mengatasi permasalahan tersebut dengan memberikan bantuan berupa HP kepada pelaku UMKM,pada Selasa 01/08/2023 Pemberian bantuan tersebut dilakukan.

Bantuan tersebut diberikan agar pelaku UMKM tersebut dapat mempromosikan produknya dan dapat berkomunikasi dengan konsumennya.

Wiwit Tri Sartika selaku penjual UMKM Kue Pisang tersebut merasa sangat terbantu dengan bantuan satu unit gawai yang diberikan oleh mahasiswa KKN Unand.

“Bantuan ini sangat membantu kami dalam mengembangkan usaha yang selama ini terkendala pada alat komunikasi. Niat baik adik-adik mahasiswa ini semoga dibalas dengan sesuatu yang lebih baik”, ujar Bu Wiwit.

Bahwa bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk usaha mahasiswa KKN Unand dalam membantu UMKM di Nagari Muaro Pingai. Tidak hanya memberikan bantuan berupa alat komunikasi, mahasiswa KKN Unand juga memberikan bantuan berupa tenaga dan ide. Bantuan berupa tenaga dilakukan dengan cara membantu produksi dan memasarkan produk UMKM.

 Sementara itu, bantuan berupa ide dilakukan dengan memberikan usulan agar pelaku UMKM dapat menjual produknya secara online.

“Program membantu UMKM di Nagari Muaro Pingai ini kami rancang dengan memberikan bantuan berupa tenaga dan pikiran sehingga kelak UMKM ini dapat berkembang setelah pengabdian kami di sini selesai”, ujar Firdaus.
Ketika diwawancarai.
 
Pelaksanaan program kerja di Nagari Muaro Pingai, Prof. Elsa Eka Putri, selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) terus berpesan bahwa setiap mahasiswa harus bahu membahu membantu masyarakat setempat.
“Apapun kegiatan yang sekiranya membantu masyarakat setempat, mahasiswa terus lakukan agar kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat”, kata Prof. Elsa.

Usaha untuk membantu permasalahan di Nagari Muaro Pingai terus diupayakan oleh mahasiswa KKN Unand. Pengabdian yang berlangsung selama 40 hari itu diisi dengan melaksanakan program kerja yang telah dirancang dan tidak hanya itu, mahasiswa KKN Unand juga dituntut untuk selalu bersosial dengan masyarakat setempat agar terjalin hubungan yang baik.

Pewarta : 007, 008 /Mahasiswa KKN Unand

Posting Komentar

0 Komentar