Recent Post



Pertama Kali, Syahrul Mubarak Santri Ponpes Asy Syarif Koto Laweh Khatib Jumat di Masjid Ishlahul Khair Palupuh

Syahrul Mubarak Santri Kelas IX Ponpes Asy Syarif Koto Laweh, Tilatang Kamang, Agam sedang berkhotbah di Masjid Ishlahul Khair, Jorong Lurah Dalam, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Agam, Jumat (18/08/2023). ( foto : stm/redaksi )

PALUPUH, BN News - Shalat Jumat di Jorong Lurah Dalam, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten, Agam, Sumatra Barat seperti biasa dilakukan di masjid Ishlahul Khair dengan dihadiri jama’ah seluruh warga Laki laki Jorong setempat.

Pada pelaksanaan shalat Jumat tanggal 18 Agustus 2023 yang bertindak menjadi khatib adalah Syahrul Mubarak  santri Pondok Pesantren (Ponpes) Asy Syarif Koto Laweh, Tilatang Kamang,  Kabupaten Agam, yang saat ini duduk di kelas Sembilan dengan tema yang disampaikan adalah “Tolong Menolong Dalam Kabaikan dan Taqwa".

Syahrul Mubarak melandasi Khotbahnya dengan surat Al Maidah ayat 2 : 


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ – ٢

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala'id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian (mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidil haram, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.” 

Syahrul Mubarak menguraikan bahwa inti dari surah Al-Maidah ayat 2 ini, adalah menyarankan bahwa kita hidup harus tolong-menolong dan membantu dalam kebaikan.

Kata buah hati pasangan  Jon Indra Panito Tanjung  dan (Alm) Susi Yusra ini, Gotong royong (tolong-menolong) bermakna ganda yaitu kebaikan dan keburukan. 

"Islam mengajarkan kita tolong-menolong dalam kebaikan dan melarang tolong menolong dalam perbuatan buruk," tegas Syahrul panggilan akrabnya

Sambungnya lagi, apabila seseorang berbuat kebaikan dan takwa kepada Allah SWT, kita harus mendukung.

Di akhir Khutbah Syahrul anak bako rang Muaro Pingai Kabupaten Solok itu, Dari segi pendidikan, ini merupakan sugesti dan dorongan semangat untuk berbakti kepada Allah SWT dan berguna untuk masyarakat banyak.

Usai sholat Jumat, kepada crew www.baritonagarinews.com, Syahrul Mubarak menjelaskan, bahwa inilah pertama kali dia tampil menjadi khatib Jumat setelah dua tahun belajar dan mondok di Pesantren Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang.

" ya ini pertama kali saya jadi khatib Jumat. Dan Insya Allah saya akan terus mengasah kemampuan saya serta terus memperdalam ilmu agama saya," Tutupnya ***

Pewarta : stm

Posting Komentar

0 Komentar