Recent Post



Luar Biasa! Ratusan Arakan Jamba dan Tari Piring Sambut Ketua Dekranas Hj,Wury Ma'ruf Amin

SOLOK -. BN News.Ratusan arak-arakan jamba menyambut kedatangan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat Hj.Wury Ma'aruf Amin di Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis, 20 Juli 2023.
Kedatangan orang nomor 4 di Indonesia ini adalah dalam rangka kunjungan kerja sekaligus membuka workshop (pelatihan) 'Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya'. Turut mendampingi Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional Pusat Sri Suparni Bahlil, jajaran Ketua Harian beserta Pengurus Dekranas Pusat, Kementrian Investasi, BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Harneli  Mahyeldi.

Adapun kegiatan tepatnya di Lapangan Bola Kaki nafgari Panyakalan, RI 4 dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Solok Capt.H.Epyardi Asda,M.Mar, Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Hj.Emiko Epyardi Asda,S.Sos, Sekda Medison,S.Sos,M.Si, Forkopimda dan OPD Lingkup Kabupaten Solok. Turut hadir Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Dekranasda se Sumatera  Barat dan undangan lainnya.

Dimana arakan jamba yang setidaknya berjumlah 377 yang berasal dari 7 nagari di kabupaten Solok yaitu Cupak, Bukik Tandang, Panyakalan, Talang, Koto Gadang, Koto Baru dan Nagari Selayo itu menggambarkan keunikan adat dan budaya mjasing-masing Nagari.

Tidak hanya arakan jamba, ungtuk menyambut kedatangan isteri Wakil Presiden ini, Kabupaten Solok juga menghadirkan kesenian asli ranah minang, Tari Piriang dari Sanggar Lubuak Limpapeh, yang menampilkan tari piriang di atas pecahan kaca.

Dalam sambutannya, Wury Ma’aruf Amin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementrian Investasi dan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal)  yang telah menginisiasi acara ini, bekerjasama dengan Dekranas, Dekranasda Provinsi Sumatera Barat dan Dekranasda Kabupaten Solok.

Kemudian dalam rangka meningkatkan kompetensi UMKM khususnya di Kabupaten Solok 
Dia berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik lancar dan mencapai terget sesuai dengan yang diharapkan.

Pewarta : 007/008.

Posting Komentar

0 Komentar