Recent Post



Peduli Petani, Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama, Salurkan Dua Paket Bantuan "DAK" Tahun 2023 Di Kabupaten Agam.

Agam BN-News_ Peduli petani, Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama, salurkan dua Paket bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 di Kabupaten Agam, Bantuan tersebut disalurkannya pada hari Sabtu (10/6/2023).

Dua nagari yang mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) diantaranya Nagari Koto Tinggi dan Nagari Sumarasok, Baso Kabupaten Agam.

Bantuan DAK kedua Nagari tersebut  masing-masing mendapatkan jumlah yang sama dan akan di pergunakan untuk pembangunan usaha tani senilai Rp 200 Juta dan  Jaringan Irigasi Usaha Tani senilai Rp 150 juta, ujar Ade.

" Selaku Anggota badan anggaran DPR RI dan juga sebagai anggota DPR RI dapil Sumbar 2 dari kecamatan baso ini adalah kampung halaman kami, kami mengalokasikan kepada pemerintah pusat melalui Bappenas, agar kiranya masyarakat petani di kabupaten Agam khususnya yang ada kecamatan baso yaitu dijorong sariak negeri koto tinggi dan juga Simarasok" ucap Ade Rezki pratama yang diusung oleh Partai Gerindra ini.

Lanjut Ade, "Kita minta kepada pemerintahan pusat bahwa Para petani kita di sini perlu mendapatkan sentuhan, mungkin dalam rangka infrastruktur pertanian mungkin sudah ada, di beberapa waktu sebelumnya, cuman karena sudah termakan usia karena cuaca dan lain-lain pada akhirnya sudah ada perlu dibenahi perlu direvitalisasi" ucap Ade.
" Alhamdulillah hari ini, khusus di koto tinggi, kita di sini mengalokasikan dua paket kegiatan  untuk ketahanan pangan di pertanian di tahun 2023 dan ini sudah kita usulkan sejak semester 2 tahun 2022 yang lalu yaitu dalam pembangunan pembangunan sumur Dangkal kedua adalah pembangunan Jalan usaha Tani"

Beberapa waktu yang lalu kita sebenarnya sudah mengusulkan dan mengalokasikan hampir seluruh nagari Kabupaten Agam mendapat bantuan DAK, namun dalam proses verifikasi dan validasi ada beberapa yang lolos yang ada juga yang belum lolos.

Mudah-mudahan yang akan datang, nagari yang belum mendapatkan sentuhan di AKBN pertanian ini akan kita coba usulkan kembali untuk dapat direalisasi, mungkin saat ini dua paket itu anggarannya, ujar Ade Rezki Pratama.

Walinagari  Kototinggi Gegenda saat di konfirmasi mengatakan "Koto tinggi terletak  di kemiringan tentu para petani  tergantung dengan situasi cuaca iklim, sehubungan dengan tersebut tentu yang namanya membangun tentu tidak sepenuhnya bisa maksimal, dan keterbatasan anggaran pemerintah.

"Melalui pokir anggota DPR RI bapak Ade Rizki Pratama Alhamdulillah sangat membantu untuk kebutuhan masyarakat karena kita tahu kondisi pertanian  betul-betul ada hujan di sini ada dua komoditi umum pertanian yaitu padi  lahan pertanian basah dan tanaman palawija dan tanaman holtikultura" 

Dengan luas daerah yang akan menampung lebih kurang 68 hektar lahan lertanian dengan bantuan pertanian saluran irigasi nanti hasil panen masyarakat akan meningkat ujarnya.

Senada ucapan terima kasih juga di sampaikan oleh  ketua Kelompok tani Sajati, Bujang lismar, "harapan kita dari petani semoga apa yang telah di berikan oleh pak Ade  Rezki ini bisa meningkatkan hasil pertanian di masa yang akan datang" pungkasnya ***

Pewarta :stm


Posting Komentar

0 Komentar