Recent Post



Kearifan Lokal Harus Di Tanamkan Di Anak Usia Dini

Foto Bersama, 6 Sekolah TK Di Nagari Padang Tarok, saat acara Pelepasan serta Wisuda (15/6/2023) di Hotel Pusako Bukittinggi. 

Agam BN-News_ Kearifan Lokal harus di tanamkan di anak usia dini, hal tersebut disampaikan oleh Walinagari Padang Tarok Hendri Dt.Bandaro Pucuak, saat membuka acara pelepasan dan wisuda TK yang berada di nagari Padang Tarok Kabupaten Agam pada Kamis (15/6/2023) di hotel pusako Bukittinggi.

Sebanyak 6 Taman Kanak-Kanak (TK) di Negeri Padang Tarok dan simarasok melaksanakan pelepasan anak didik, sekaligus wisuda, diantaranya TK Tunas Harapan, TK Kuntum Mekar, TK harapan Bunda, TK Nusa Indah, TK As-Syifa, dan TK Bintang Gemilang, jumlah Murid secara keseluruhan anak didik yang wisuda berjumlah 74 orang.

Pemindahan jambul dilakukan oleh walinagari Padang Tarok, Hendri Dt.Bandaro Pucuak, disaksikan lansung oleh Penilik Sekolah wilayah gugus 3 Baso, kepala sekolah, majelis guru serta para orang tua murid. 

Walinagari Padang Tarok memberikan apresiasi karena persatuan sekolah TK di nagari Padang Tarok ini, dengan kesatuan tersebut maka bisa kolaborasi melaksanakan wisuda pada hari ini yang dilaksanakan di hotel berbintang 4, ucapnya.

Walinagari Padang Tarok Hendri Dt.Bandaro Pucuak, saat pemindahan Jambul Wisuda.

Jika tidak saling bersinergi tentu kolaborasi ini kalau tidak akan terjadi, jadi kami dari pemerintahan nagari sangat mengapresiasi kegiatan ini, harapan kita kalau bisa dari 11 TK yang berada di dua nagari, diataranya nagari padang tarok dan nagari simarasok bisa disatukan acaranya di tahun depan, ucapnya.

Kemudian juga Wali nagari Padang tarok pada saat itu berpesan "mari ramaikan sekolah di nagari kita ini, kalau dapat masyarakat bisa menyekolahkan anak keponakan di nagari sendiri, jangan kita menyekolahkan anak kita keluar dari nagari kita, kadang mutu pendidikan di nagari kita melebihi dari mutu dari nagari orang, satu lagi,  para guru bisa mengedukasi anak-anak kita dengan cada kearifan lokal yang ada" ucapnya 

Dikatakan demikian karena guru- guru bisa mengetahui kearifan lokal " tau di rantiang ka mancucuak, dan tau di dahan yang kamaimpok" wali nagari serta wali jorong terus memberikan motivasi untuk pendidikan di nagari, ujarnya.

"Kepada pihak sekolah.  pemerintah dalam artian,  nagari juga meminta kepada guru, mari kita rangkul anak kita, berikan kasih sayang, saat melakukan memberikan ilmu kepada anak-anak,  hal ini juga berguna untuk meningkat mutu pendidikan, mari kita majukan kampung kita, tanpa kebersamaan mustahil keberhasilan akan terjadi" ucapnya.

Salah satu guru dari 6 sekolah yang hadir, saat di konfirmasi awak media di lokasi, dari yayasan TK As-Syifa, Efni Femeltri, menyampaikan, hari ini melaksanakan pelepasan sekaligus wisuda karena mereka ada yang tahfiz, ujarnya.
Efni Femeltri, Guru TK As-Syifa 

Pelepasan ini merupakan suatu agenda rutin setiap tahun dilakukan dan sekaligus wisuda, hari ini memang beda dari tahun sebelumnya, mungkin tahun sebelumnya dilaksankan di tempat sekolah masing masing, dan hari ini nagari menyatukan pelepasan serta wisuda dengan dilaksanakan secara serentak di hari dan tempat yang sama.

Penilik TK kecamatan dari 3 gugus, Baso Kabupaten Agam,  Sally, sampaikan "mari sama-sama kita kawal pendidikan kita, dan kepada tenaga pendidik, mari tingkatkan profesionalisme kita sebagai guru, apalagi sekolah di nagari kita ini sudah terakreditasi" ujarnya.

terima kasih atas guru -guru yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, serta orang tua murid, atas dukungan dan bimbingannya.

Senada juga disampaikan Dt.Tiko Basa, yang merupakan bamus di nagari Padang tarok, Ia berharap kedepannya orang tua wali murid di Nagari dapat menyelakolahkan anaknya ke Sekolah terdekat sebab yang di utamakan di naragi kita.

Pemerintah sudah menyiapkan fasilitas agar pendidikan berjalan lancar, bahkan ada  beberapa TK yang di bantu dari dana desa, jadi buat apa kita menyekolahkan anak kita keluar dari nagari kita sendiri,mari sama-sama kita majukan kampung halaman kita, pungkasnya ***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar