Recent Post



YBM BRILian Dengan HI Cabang Buiittinggi, Resmikan WASH Di Kampung Maur Hilir, Nagari Salareh Aia.

Bukittinggi BN-News_Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILian bersama dengan Human Initiative (HI) Cabang Buiittinggi pada hari Sabtu (18/3/2023)  resmikan program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) di kampung Maur Hilir, nagari Salareh Aia, Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Peresmian sebagai upaya menyediakan air bersih bagi masyarakat pelosok dan menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Acara seremonial peresmian kolaborasi antara YBM BRIlian dengan Human Initiative diawali dengan makan bersama dengan masyarakat di aula gedung SDN 21 Maur Hilir.

Hidangan makanan dibawa menggunakan rantang oleh ibu-ibu masyarakat Maur Hilir, dimana tradisi ini merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat setempat sebagai wujud rasa syukur tersedianya fasilitas air bersih di kampung mereka sekaligus menyambut bulan suci ramadan. 

Program WASH nagari Salareh Aia pada saat itu  secara resmi dibuka oleh Edi Busti, selaku Sekretaris Daerah kabupaten Agam, dihadiri oleh Eko Jadi Roso dan Abdul Aziz Nasta mewakili YBM BRIlian Padang, Hendra Nafsosianto selaku kepala cabang Human Initiative Bukittinggi, Sabirun selaku Camat Palembayan dan Iron Maria Edi selaku wali nagari Salareh Aia. 

Sekda kabupten Agam, Edi Busti dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada YBM BRIlian dan Human Initiative yang telah menghadirkan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Agam. 
“Program ini langsung menjawab kebutuhan dasar masyarakat di kampung Maua Hilia. Besar harapan kami, pengelolaan sarana air bersih ini berkelanjutan dan adanya partisipasi aktif masyarakat untuk sama-sama menjaga fasilitas yang sudah ada” ujarnya.

Sementara itu, supervisor YBM BRILiaN Padang, Abdul Aziz Nasta , menyampaikan bahwa program Wash Nagari Salareh Aia merupakan bagian dari aksi kolaborasi yang juga telah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia oleh YBM BRIlian.  

"YBM BRIlian diberikan amanah mengelola sumbangan oleh pekerja BRI untuk membiayai program yang dibutuhkan masyarakat terutama pembangunan fasilitas air bersih masyarakat.” Ujarnya.

Program WASH yang terdiri dari pengadaan sarana air bersih, pembangunan MCK dan tempat berwudhu telah berlangsung sejak September 2022 hingga Januari 2023. Pengerjaan dimulai dari pengerjaan bak intake, reservoir (pembuatan bak penampung), pipanisasi sepanjang kurang lebih 2,5 km hingga bantuan aksesoris sambungan air ke rumah warga.

Sementara itu kepala cabang Human Initiative Bukittinggi berharap" Unit Pengelola Air Bersih yang telah dibentuk bisa menjawab tantangan pengelolaan sarana air bersih yang mandiri dan bisa memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan” pungkasnya ***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar