Recent Post



Musrenbang tahun 2023dalam rangka Penyusunan RKPD Kab. Solok tahun 2024.Ini Tegas Bupati Solok

SOLOK , BN News - Dengan tema
Mempercepat Tranformasi Ekonomi melalui sektor Pertanian, UMKM, Perdagangan dan Pariwisata secara Inklusif dan Berkelanjutan
Bertempat di Gedung Solok Nan Indah Aro Suka Kabupaten Solok.Senin 20/03/2023.

Tampak hadir, Musrenbang Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar,Unsur Forkopimda,Pimpinan DPRD Kab. Solok Ivoni Munir, Sekda Kab. Solok Medison,Ka. TP PKK Kab. Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda,Asisten I Syahrial,Asisten II Deni Prihatni,Asisten III Editiawarman,Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Eva Nasri,Staf Ahli Pemerintahan, kemasyarakatan dan SDM Mulyadi Marcos,Kepala OPD,Camat se Kab. Solok,ASN lingkup Pemkab. Solok,Wali Nagari se Kab. Solok,Tamu undangan lainya

Laporan panitia pelaksana, Plt. Ka. Bapelitbang Nafri
RKPD tahun 2024 merupakan RKPD tahun ke 3 pelaksanaan RPJP Kab. Solok tahun 2021-2026.

Berkaitan dengan hal tersebut, acuan dalam penyusunan RKPD tahun 2024 adalah
1. Evaluasi capaian kinerja tahun 2022
2. Perintah pembangunan Nasional dan isu - isu strategis yang berkembang saat ini dan juga prediksi masa mendatang baik di daerah, regional, nasional maupun global,ujarnya.

Penyusunan RKPD tahun 2024, telah dimulai dari rangkaian sebagai berikut :

1. Pelaksanaan Musrenbang di Nagari pada bulan September tahun 2022
2. Pelaksanaan Musrenbang pada tingkat Kecamatan pada bulan Februari 2023
3. Pelaksanaan Forum perangkat daerah pada tanggal  6  s/d  10 Maret 2023 
4. Penelaahan kepada Pokok pokok pikiran DPRD pada 27 Februari - 3 Maret 2023


Tujuan Musrenbang RKPD tahun 2023 ini adalah;
1.Mematangkan rancangan RKPD tahun 2024 menjadi rancangan akhir RKPD
2. Mensinergikan intervensi berbagai pihak, berbagai sektor dan tingkatan pemerintah dalam penanganan isu isu strategis
3. Merupakan media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan untuk mendukung implementasi program dan kegiatan.

Dari melihat hasil pembangunan yang sudah tercapai, isu strategis pembangunan baik lokal, nasional, regional maupun global dan sasaran RPJP Kab. Solok tahun 2021-2026, maka Rancangan RKPD tahun 2024 mengangkat tema Mempercepat ekonomi melalui sektor pertanian, umkm, pariwisata secara implusif dan berkelanjutan.


Sambutan Bupati Solok
Proyeksi kita tahun 2024, APBD Kab. Solok lebih kurang 1.418 Triliun dan Pendapatan asli daerah kita proyeksikan  91 Milyar berdasarkan RPJMD dan Pendapatan transfer 1.270 Triliun
Lain lain 56 Milyar, ini adalah RPJMD kita.

Dalam rangka meningkatkan PAD, kita akan menambah satu Kepala Bidang (Kabid) di Badan Keuangan Daerah yang tugasnya adalah untuk mendata semua potensi untuk bisa meningkatkan PAD Kab. Solok, karena selama ini kita belum maksimal dalam dalam pelaksanaannya,Katanya 

Bukan hanya PBB, tetapi pungutan pajak retribusi dan lainnya, seperti contoh penginapan yang sudah banyak tumbuh, bahkan sudah di bangun 5 tahun yang lalu, tapi tidak kita pungut retribusinya.

Kedepannya kita akan menjadikan Kab. Solok ini sebagai daerah wisata, bukan hanya sekedar pertanian, untuk mendukung itu, infrastruktur harus bagus. Dan saya meminta Camat dan Wali Nagari agar siap bekerjasama untuk mewujudkan hal tersebut.ujarnya

Terkait dengan data Kemiskinan, saya minta Wali Nagari yang di koordinir oleh Camat untuk meyerahkan segera data masyarakat Kab. Solok yang berada dibawah garis kemiskinan by name by addres, 

Dan kita akan lakukan segala upaya untuk mengurangi kemiskinan ini, harapan saya 2024-2025 itu, insyaAllah kemiskinan sudah paling rendah se- sumatera barat,harapnya.

Jika saat ini 7%, kedepannya di bawah 2% kita usahakan dan Kita akan minta kerjasama dengan Baznas yang melibatkan perantau untuk menuntaskan kemiskinan tersebut.

Saya juga telah bicara dengan ibu Athari bahwa program bedah rumah sebanyak 2000 unit sesumatera barat akan diusahakan 1000 unit untuk Kab. Solok yang akan diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu.

Di Tahun 2023 akan ada program Inpres dari Presiden kita Bapak Jokowi Dodo, melalui Dirjen Binamarga Kementerian PU bahwa Pemda boleh mengusulkan jalan Kabupaten, dan terkait dengan hal ini anggota DPR RI Ibu Athari juga  mengusulkan 50 Milyar dari 100 Milyar yang dialokasikan untuk Pembangunan Jalan Kab. Solok.

Saya berharap pembangunan yang akan kita jalankan benar benar bermanfaat dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat serta benar dibutuhkan oleh masyarakat kita.jelasnya.

Acara diskusi
Dimana Wali Nagari menyampaikan skala prioritas pembangunan di setiap nagarinya,

Nagari Aie Batumbuak
Membangun Pagar untuk SMP 4 dan Nagari Batang Barus
SD 07 mengusulkan Penambahan Ruang belajar Baru

Lanjut ke Nagari Cupak Pembangunan bahu jalan, di ruas jalan Kabupaten dan Pelebaran,pembukaan jalan lingkar jalan ketempat wisata air panas.

Di Nagari Koto Gadang Guguak,Perbaikan ruas jalan dari Talago ka Tabek Panjang,Pembenahan wisata Tabek Panjang.

Dan Nagari Panyakalan
Pemeliharaan Jalan Kab. Dengan hot mix
Dengan Pengecoran jalan ke lokasi wisata Hexagon Sepanjang 4KM dan Nagari Saok Laweh Permohonan Rehap Pustu.

Bahwa Nagari Bukit Bais mengusulkan ,
pengerasan jalan lingkungan,Jalan wisata dan pengembangan wisata  Gua Basurek dan Nagari Sungai Durian
Permohonan bantuan alat untuk produksi UMKM

Di Nagari Taruang taruang usulan nya 
Irigasi tersier sawah jantan dan Nagari Sumani
jalan lingkar pasar sumani,Penerangan jalan umum dan Pembangunan jaringan baru perpipaan dari rumah ke rumah di Nagari Tikalak.

Di Nagari Dilam usulannya;
Perbaikan jalan di Parambahan ke Kubang Duo dan Sebagian besar skala prioritas yang di usulkan Wali Nagari adalah Perbaikan Jalan, Jembatan, Pustu serta HotMix jalan Lingkungan, beberapa juga mengusulkan perbaikan di sekolah dan pembangunan Tower di daerah Blank Spot. 

Pewarta : 007/008

Posting Komentar

0 Komentar