Recent Post



Goro Jalan Ke Masjid Agung Almunawarah Talang, Emak Emak Koto Gaek Masak Samba Lauak Jawi

SOLOK, BN News -  Emak Emak Jorong Koto Gaek Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, kembali memperlihatkan kontribusinya bagi kampung halaman tercinta. 

Disaat ratusan kaum muslimin, warga masyarakat Nagari Talang, bergotong royong pengecoran jalan dari arah Masjid Agung Almunawarah kearah Duku Koto Gaek, Emak Emak Koto Gaek sibuk membuat 'samba lauak jawi', Minggu (12/3/2023) pagi. 

Samba lauak Jawi adalah masakan khas Nagari Talang, Kabupaten Solok. Yang terbuat dari bahan daging sapi dan santan kelapa. Seperti rendang setengah jadi, karena dimasak dalam waktu yang lebih singkat. 

Hampir mirip seperti rendang, hanya saja samba lauak jawi ini, memiliki tekstur yang basah dan empuk, dijamin lezat rasanya. 

Biasanya, samba lauak jawi ini, di Nagari Talang khususnya, dimasak oleh kaum pria atau laki-laki. Disaat ada acara Baralek pesta pernikahan atau Batagak Gala Penghulu. 

Namun kali ini, samba lauak jawi tersebut, dimasak oleh Emak Emak Jorong Koto Gaek Nagari Talang. Khusus untuk menu makan siang, warga masyarakat. Yang bergoro pengecoran jalan dari arah Masjid Agung Almunawarah menuju Duku, Koto Gaek. 

Emak Emak Jorong Koto Gaek, Irnadiyos didampingi Hartini, Nur Bundo, Rini Karmina, Eva Dewi, dan Emak Emak lainya menyebutkan, mereka tidak hanya memasak samba lauak jawi saja. Akan tetapi, juga ada sejumlah menu masakan lainya. 
" Seperti samba lado jariang alias sambal jengkol dan juga telor bulat lado merah. " kata Irnadiyos. 

Ucapan terima kasih, ujar Irnadiyos, kami sampaikan kepada masyarakat Koto Gaek. Baik yang ada di kampung halaman maupun yang di perantauan. 

" Atas segala bantuan, sumbangan dan tenaga yang telah diberikan " tuturnya. 

Terpisah, dilokasi goro, Ketua Pengurus Masjid Agung Almunawarah Nagari Talang, Agus Syahdeman Angku Imam Bandaro didampingi Sekretaris Jextra Johar Dt. Sutan Nan Gadang mengatakan, goro hari Minggu (12/3/2023) ini adalah goro yang ketiga kalinya dilaksanakan.

Rencananya ujar Jextra Johar Dt. Sutan Nan Gadang menambahkan, goro pengecoran jalan ini, juga akan dilaksanakan lagi pada hari Minggu (19/3), menjelang masuk bulan suci Ramadhan 1444 H/2023 M. 

Diharapkan, kata Dt. Sutan Nan Gadang, jalan dari arah Masjid Agung Almunawarah menuju arah Duku Koto Gaek ini, bisa selesai di cor seluruhnya. Dan bisa dipergunakan oleh masyarakat banyak, yang hendak beribadah di Masjid Agung Almunawarah Talang. 

Atas nama Pengurus Masjid Agung Almunawarah Talang, kata Dt. Sutan Nan Gadang, kami mengucapkan terima kasih, kepada kaum muslimin dan muslimat, baik yang di kampung halaman dan di perantauan. Yang telah menyalurkan infak sedekahnya. 

" Insya Allah, semua dana yang disalurkan, akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya " tutur Dt. Sutan Nan Gadang.*** 

Pewarta : Ris

Posting Komentar

0 Komentar