Recent Post



Ketua DPRD dan Walikota Solok Hadiri Malam Puncak Apresiasi Pemilihan Duta Generasi Berencana Tahun 2023

KUBUNG TIGO BALEH, BN News - Ketua DPRD Kota Solok.Hj.Nurnisma.SH Bersama Ketua Komisi III,Yoserizal.SH menghadiri malam puncak Apresiasi Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tahun 2023 Kota Solok yang bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Sabtu Malam (25/2/2023).

Turut hadir, Walikota Solok,Zul Elfian Umar, Forkopimda Kota Solok, Bunda GenRe Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solok, Ardinal, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra, serta undangan lainnya. Adapun Finalis Duta GenRe Kota Solok sebanyak 21 orang, terdiri dari 11 Putra dan 10 Putri.

Ketua DPRD Kota Solok,Hj.Nurnisma.SH disela acara mengucapkan selamat kepada para pemenang duta genre yang terpilih.melalui Kegiatan ini diharapkan Duta Genre dapat mensosialisasikan program generasi berencana dikalangan remaja dan dapat memberikan pemahaman kepada anak muda melalui program program promotif dan preventif dibidang pencegahan narkoba, kekerasan seksual, pendewasaan usia perkawinan dan hal lainnya.

Ketua DPRD Kota Solok juga memberikan apresiasi karena dengan lahirnya Duta Genre ini nantinya dapat memberikan dampak positif kepada anak muda untuk mensosialisasikan tentang bahaya narkoba dan bahaya HIV AIDS kepada anak remaja yang seumuran, dan kami juga berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan karena setiap anak muda lebih efektif mengajak dan menyampaikan informasi kepada anak muda lainnya,” Ujar Nurnisma.

Sementara itu,Ketua Komisi III,Yoserizal.SH berharap melalui kegiatan Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tahun 2023 ini dapat menghasilkan Outcome dari Duta GENRE yang terpilih untuk dapat mensosialisasikan serta mengajak generasi lainnya agar melakukan hal - hal yang positif dilingkungan.Insyaallah,jika hal tersebut dilakukan maka generasi muda kita sudah dapat memagar anak – anak remaja kita dari hal – hal yang bersifat negatife terutama kenakalan remaja dan kita berharap akan muncul duta Genre berkelanjutan”, ucapnya.

Sementara itu,Walikota Solok,Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan TRIAD Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Berdasarkan jumlah penduduk Kota Solok pada Tahun 2022 menunjukkan bahwa jumlah remaja pada usia 10-24 tahun telah mencapai sekitar 18.455 jiwa atau sekitar 27.58 persen dari total jumlah di Kota Solok. Ini berarti I diantara 4 penduduk adalah remaja.
Perkembangan globalisasi dunia menjadikan perubahan-perubahan besar terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut lebih cenderung mengarah pada kegiatan negatif dibanding positifnya. Permasalahan remaja yang timbul pada umumnya berkaitan dengan masalah seksualitas (hamil diluar nikah dan aborsi), AIDS, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NAPZA) dan sebagainya.Maka dari itu, remaja dalam kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi dan pentingnya menata masa depan.

“ Kegiatan Apresiasi Genre berupa Pemilihan Duta Generasi Berencana atau Duta GenRe dan Apresiasi PIK R/M adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Solok untuk mencetak remaja - remaja yang memahami tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan ke jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,”ungkap Walikota.

“ Semoga setelah pelaksanaan kegiatan Apresiasi GenRe ini akan muncul generasi muda yang mampu merencanakan masa depan dalam meningkatkan keterampilan remaja. Pemilihan dan pemberian penghargaan Duta GenRe ini tidak semata mata memilih pemenang saja, namun yang lebih penting adalah menjadikan yang terbaik di wilayahnya dan menjadi motivator di kalangan remaja dalam mempersiapkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera,” ungkap Walikota Solok.

Setelah melalui berbagai penilaian oleh para dewan juri, dijaring seluruh peserta menjadi 5 pasang yang akan menjadi terbaik dan akhirnya terpilih sebagai juara 1 Duta GenRe Kota Solok yakni Imam Wahyudi dan Michelin Aszani. Juara 2, Daffa Septiananda dan Berrin Putri Juenda serta juara 3, Andira Pratama dan Revani Agustun.Selanjutnya, Juara 4 Bintang Veraldi dan Annisa Maharani serta juara 5, Hamda Yusya dan Givani Farahya.

Pewarta : 007/008

Posting Komentar

0 Komentar