Recent Post



Anggota DPR RI komisi IX Ade Rezki Pratama, Tinjau Akses Jalan Pertanian Di Nagari Sariak, Yang Akan Di Lakukan Pembangunannya Dari Dana DAK Tahun 2023.

Agam BN-News_ Anggota DPR RI komisi IX Ade Rezki Pratama Fraksi Partai Gerindra Dapil Sumatera Barat II  tinjau lokasi akses jalan pertanian di nagari Sariak Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat yang akan di lakukan pembangunannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 mendatang.

Ade Rezki pratama meninjau lokasi, ketika usai mengisi acara Konsolidasi dengan pemangku kebijakan tingkat daerah (Kemitraan) dalam percepatan penurunan stunting, dalam program Keluarga Berencana (KB), supaya bisa mencegah bayi lahir mengalami stunting bersama BKKBN di kantor Camat Sungai Pua Kabupaten Agam pada hari Selasa (6/12/2022) siang.

Pembangunan akses jalan ini semoga cepat terlaksana, karena dengan bagusnya akses jalan, maka petani akan cepat dalam proses mengeluarkan hasil panennya, disebabkan jalannya sudah bagus ucap Ade.

Disamping itu juga, demi peningkatan jalan melalui DAK senilai 200 juta ini diharapkan cepat terlaksana,  dana akan membantu akses jalan warga di seputaran Nagari Sariak Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam ini.

Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK-Fisik) adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai Kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas Nasional ujar Ade.

Ada dua titik lagi di kecamatan banuhampu yang akan menerima dana DAK di tahun 2023, jadi di kecamatan banuhampu ini terdapat 3 titik lokasi yang menerima dana DAK di tahun 2023 mendatang ujar Ade Rezki Pratama .

"Hari ini, kita sudah melihat langsung untuk pembangunan jalan usaha tani, memang ternyata disampaikan oleh pak wali nagari bahwa rencana untuk pembangunan jalur wisata ini sudah diidam-idamkan oleh masyarakat sejak tahun 2014 yang lalu, berkat usaha dan doa kita semuanya Alhamdulillah insyaallah akan terealisasi nanti segera di tahun 2023" jelas Ade.

Akses jalan ini nanti dapat bermanfaatkan oleh banyak masyarakat, petani kita yang ada di nagari Sariak untuk membawa hasil-hasil pertanian, distribusi, dan mobilisasi kelengkapan-kelengkapan lainnya akan lebih mudah.

Sambung Ade, mudah-mudahan nanti, ini  salah satu yang sejarah, hasil dari pada musyawarah, rencana pembangunan yang ada di tingkat negara yang sampai diusulkan di kabupaten sejak tahun 2014 Alhamdulillah sekarang akan terwujud 

Dana Alokasi Khusus (DAK) murni melalui dana APBN tahun 2023, nanti secara teknis nanti akan dipelajari bagaimana teknis pembangunananya ada tim atau dinas terkait nanti yang akan menyampaikannya bagaimana teknis teknis dilapangan ujarnya.

Sementara itu Kabid Balai Penyuluhan pertanian (BPP) kabupaten agam Armelia mengatakan bahwa anggaran dana DAK untuk kabupaten agam di tahun 2023 mendatang sebesar 3,190 M, ujarnya.

Sedangkan walinagari sariak Kecamtan Sungai Pua  kabupaten Agam Ismet Dianto saat mendampingi tinjau lokasi mengatakan, akses jalan pertanian yang akan di lakukan pembangunan yaitu di jalan Sitinjau Lawik Sariak Ateh, lebih kurang 1,5 km.

"Terima kasih sekali kepada Bapak Ade Rezki yang telah memperjuangkan dana untuk pembangunan dan perbaikan jalan untuk mempermudah bagi petani dalam menjalankan aktivitas sehari hari sebagai petani" ungkapnya ***

Pewarta : stm

Posting Komentar

0 Komentar