Recent Post



Penuhi Kebutuhan Dan Perekonomian Masyarakat, Babinsa Berikan Contoh Dalam Budidaya Ikan Nila.

SOLOK, BN-News-Serda Iswil Dayani Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang perikanan yaitu membudidayakan Ikan Nila sebanyak 1000 ekor dengan ukuran kolam 5 x 6 M di Nagari Bidar Alam, Kec. Sangir Jujuan, Kab. Solok Selatan, Sabtu (8/10/2022). 

Ikan nila yang memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus merupakan ikan yang dikenal di tahun 1969 dari negara Afrika bagian timur. Ikan nila tercatat pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1969.

Ikan nila diketahui juga merupakan kerabat dari ikan mujair atau Oreochromis mossambicus, yang sama-sama memiliki sebuah potensi menjadi ikan yang invasif jika terlepas pada badan-badan air alami.

Ikan nila juga memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dan beradaptasi yang tinggi dan juga memiliki toleransi akan kualitas air pada kisaran lebar, meskipun dalam kondisi ekstrem ikan nila dapat bertahan hidup dengan baik dibandingkan dengan ikan-ikan yang hidup pada air tawar yang diketahui tidak memiliki pertahanan hidup yang dimiliki ikan nila.
Serda Iswil Dayani mengatakan, Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan nila ini sangat mudah ditemui di berbagai tempat makan dan jika ingin membeli dalam kondisi mentah. 

"Hampir disetiap pedagang ikan di pasar menjual ikan nila. Ikan nila bisa dibudidayakan dan akan sangat menguntungkan jika direncanakan dengan baik," sambungnya. 

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Nagari Bidar Alam ini sedang melakukan perawatan kolam serta pemberian pakan ikan yang dilaksanakan secara rutin setiap pagi dan sore," terangnya. 

Kegiatan ini mudah-mudahan menjadi motivasi dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat di wilayah binaan Koramil 12/Sangir khususnya dan wilayah binaan Kodim 0309/Solok umumnya. Disamping untuk memenuhi kebutuhan pribadi, semoga bisa untuk menambah perekonomian masyarakat,” ungkap Serda Iswil Dayani.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar