Recent Post



Pengendalian Organisme Penggangu Tanaman (OPT) Terutama Gulma, Babinsa Laksanakan Pembersihan Rumput Liar.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil 05/X Koto Diatas Kodim 0309/Solok, Praka Edi T. Saragih melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian penanaman cabe dengan luas lahan 10 x 30 di Nagari Tanjung balik, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Minggu (16/10/2022). 

Salah satu tantangan yang dihadapi petani adalah pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) terutama gulma.

"Salah satu penyebab rendahnya hasil cabe diakibatkan kehadiran gulma ini. Gulma ini menjadi tanaman yang tumbuh pada waktu, tempat, dan kondisi yang tidak diinginkan petani," ujar Praka Edi T. Saragih. 

Menurutnya, kehadiran gulma pada tanaman cabe tidak dikehendaki karena menurunkan hasil, baik kualitas maupun kuantitas. Bila tidak dikendalikan, maka secara umum penurunan hasil tanaman budidaya akibat kehadiran gulma dapat mencapai 20-80 persen.
Seperti yang dilakukan kali Babinsa bersama petani bekerja sama melakukan perawatan rutin dengan membersihkan rumput-rumput liar dari sekitar tanaman cabe.

Adapun perkembangan cabe sampai sekarang ini sudah memasuki umur 20 hari, dari proses pengolahan lahan, penanaman bibit, membuat bedengan, pemasangan plastik mulsa, sampai dengan perawatan rutin. 

Praka Edi T. Saragih berharap dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa, akan mengurangi beban petani, mengatasi masalah yang dihadapi oleh petani serta dapat memberikan motivasi dan semangat agar tetap meningkatkan produktifitas. 

"Selain itu, dengan pemanfaatan lahan menjadi lahan produktif, sehingga bisa meningkatkan swsembada pangan dan perekonomian masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai petani," ungkapnya.(PENDIM0309). 


Posting Komentar

0 Komentar