Recent Post



Melawan Lupa, Kodim 0309/Solok Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila TA. 2022.

SOLOK, BN-News-Kodim 0309/Solok menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, yang berlangsung dengan khidmat di Lapangan Makodim Jl. A. Yani No. 1 Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Sabtu, 01 Oktober 2022.

Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0309/Solok Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, Komandan Upacara Danramil 08/Bukit Sundi Kapten Czi Jon Erikson, Perwira Upacara Pasipers Kapten Inf Walter Nadeak, Pembaca naskah ikrar Letda Inf Irwan Can, pembaca Undang-Undang Dasar 1945, pembaca Doa Letda Inf Edy Can Putra.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini di ikuti seluruh anggota dan PNS Kodim 0309/Solok dan Dinas Jawatan Jajaran Kodim 0309/Solok.

Usai upacara Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko menyampaikan, "Momentum ini mengingatkan perjuangan para pahlawan, kita harus mengetahui sejarah, bagaimana pancasila dirongrong, bagaimana kita menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), masyarakat khususnya generasi penerus harus memaknainya, karena NKRI harga mati" ujar Kasdim.
"kita mengharapkan seluruh jajaran TNI dan komponen masyarakat ini, harus mengenang jasa pahlawan sehingga menambah motivasi kita untuk berbuat dan bekerja lebih baik lagi dalam rangka mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," Tambah Kasdim. 

Saktinya Pancasila terletak pada bagaimana kita menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup kita sehari-hari sebagai bangsa Indonesia. Kita perlu bergotong royong untuk mewujudkan satuan pendidikan dan ruang-ruang kebudayaan yang aman dan nyaman, yang mengedepankan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, serta bebas dari kekerasan.

"Saktinya Pancasila terletak pada komitmen bersama kita mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk belajar dan untuk berkarya," tukasnya. 

"Untuk itu, di atas kelima dasar Pancasila, mari kita terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya, membawa Indonesia melompat ke masa depan," pungkas Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar