Recent Post



Kembangkan Usaha Budidaya Tanaman Porang, Babinsa Dukung dan Berikan Motivasi Kepada Petani Binaan

SOLOK, BN News - Babinsa Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, Kopda Riko Putra melaksanakan kegiatan Inovatif dalam rangka P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif) dibidang pertanian, bertempat di Jorong Kampuang Tangah Nagari Peninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Kamis (20/10/2022).

Kegiatan inovatif ini bekerja sama bersama masyarakat petani produktif bapak Frengki, adapun jenis tanaman yang ditanam adalah tanaman Porang.
 
Kopda Riko Putra menjelaskan, tanaman porang ini ditanam pada lahan milik bapak Frengki dengan luas lahan lebih kurang 30 x 50 M, penanaman tanaman porang sekarang sudah berumur 10 hari setelah tanam," terang Babinsa.

Porang adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang dikenal juga dengan nama iles-iles. Manfaat tanaman porang salah satunya untuk bahan baku tepung.

Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan "jelly", Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan bahkan sebagai pembuatan komponen pesawat terbang.

Babinsa juga menyampaikan, tanaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor dan mempunya nilai ekonomi cukup tinggi.

Ia juga menambahkan, budidaya tanaman porang juga terbilang mudah karena tanaman yang satu ini sangat cocok ditanam pada lahan terbuka. Popularitas tanaman ini belakangan meningkat, sehingga harga porang semakin naik dari tahun ke tahun, membuat banyak petani bisa meraup keuntungan yang lebih besar," ungkapnya.

Babinsa berharap semoga budidaya tanaman porang ini dapat menjadi motivasi kepada masyarakat warga petani lain, agar lebih berinovasi dalam meningkatkan ketahanan pangan serta menambah perekonomian dalam keluarga," pungkas Kopda Riko Putra.***

Pewarta : Jon Indra
Rellis : Pendim 0309 Solok

Posting Komentar

0 Komentar