Recent Post



Jaga Kesuburan Tanaman, Babinsa Bersama Petani Kompak Laksanakan Pembersihan Sekitar Lahan

SOLOK, BN News - Babinsa Koramil 09/Gunung Talang Kodim 0309/Solok, Serda Roni Amin melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) bidang pertanian yaitu pemeliharaan tanaman bawang prei bersama masyarakat petani binaan bapak Agus. 

Giat pemeliharaan bawang prei ini melakukan pembersihan serta penggemburan bedengan pada lahan bertujuan untuk mempersubur unsur hara pada tanah agar tanaman dapat berkembang dengan maksimal. 

Kegiatan bersama masyarakat petani binaan ini bertempat di Nagari Air Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Selasa (18/10/2022).

Dalam pembudidayaan berbagai macam jenis tanaman hortikultur, seperti sayur mayur dan juga buah-buahan, umumnya petani Indonesia membuatkan sejenis bedengan dan gulutan. Keduanya digunakan sebagai media untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman

Istilah "bedengan" itu sama artinya dengan "gulutan". Keduanya memiliki sinonim sama, dan pada beberapa keadaan pengunaan kedua kata tersebut masih banyak digunakan di kalangan petani. Kadang ada petani yang menggunakan istilah "bedengan", dan ada juga yang memakai istilah "gulutan".

Serda Roni Amin mengatakan, dengan menggunakan bedengan, membuat media tanam menjadi lebih rapih dan tertata karena jarak tanam yang digunakan seragam dan menjaga kelembaban tanah menjadi lebih stabil karena dengan menggunakan bedengan sirkulasi udara didalam tanah menjadi baik," ucap Babinsa. 

Kehadiran Babinsa yang berada dilingkungan petani bukan hanya semata-mata mendampingi, tetapi Babinsa hadir guna mendampingi petani dan bekerja sama dalam mengelola lahan pertanian dari proses pengolahan, tanam, perawatan hingga panen nanti," ungkap Serda Roni Amin. 

"Semoga apa yang diharapkan oleh para petani sesuai yang diinginkan, sehingga dapat memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat petani itu sendiri," tutupnya***

Pewarta : Jon Indra / Relis Pendim 0309 Solok

Posting Komentar

0 Komentar