Recent Post



Babinsa Koramil 01/Kota Solok, Manfaatkan Lahan Kosong Pekarangan Rumah Dengan Budidaya Jagung Manis.

SOLOK, BN-News-Serda Andri Silvia Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang Pertanian dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah.

Penanaman yang dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah sendiri bertempat di Jl. Andaleh Nagari Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Selasa (11/10/2022). 

Perkembangan saat ini masih dalam perawatan rutin yang mana bibit jagung manis sudah mulai ditanam pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022, dengan luas lahan lebih kurang 10 x 7 meter.

Jagung manis adalah salah satu kelompok budidaya/kelompok kultivar jagung yang cukup penting secara komersial, setelah jagung biasa. Keistimewaannya adalah kandungan gula yang tinggi pada waktu dipanen. Pemanenan untuk produksi selalu dilakukan pada saat muda.
Lahan pekarangan tersebut selama ini hanya dibiarkan kosong tanpa ada manfaatnya, dengan sedikit sentuhan tangan kreatif dan usaha Babinsa, lahan kosong tersebut bisa disulap menjadi lahan yang produktif.

Serda Andri Silvia menyampaikan, bahwa pemanfaatan lahan kosong ini sebagai upaya mengurangi tumbuhnya rumput liar yang merusak pemandangan, disamping itu dengan tanaman jagung manis ini pekarangan kosong ini dapat menjadi lebih bermanfaat,“ ucapnya. 

Lanjutnya, dalam budidaya jagung manis organik agar menghasilkan panen yang berlimpah adalah dengan melakukan pengolahan lahan, pemilihan benih yang berkualitas, pemeliharaan tanaman, dan pencegahan dari berbagai hama dan penyakit.

“Kegiatan yang dilakukan ini agar masyarakat dapat terinspirasi dengan pemanfaatan lahan kosong ini untuk ditanami tanaman yang bermanfaat contohnya menaman jagung seperti yang saya lakukan," pungkas Serda Andri Silvia. (PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar