Recent Post



Babinsa Koptu Aldori Bantu Petani Tanam Ulang Buah Semangka Akibat Diserang Hama Babi Hutan.

SOLOK, BN-News-Koptu Aldori Don Parta Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat bapak Jul melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman semangka dengan luas lahan 20 m x 30 m di Nagari Sirukam, Kec. Payung Sekaki, Kab. Solok, Senin (10/10/2022). 

Kegiatan ini sudah berjalan selama 35 hari mulai tanggal 13 September 2022 dari rencana pengerjaan lahan baru sampai dengan sekarang untuk penanaman semangka.

Untuk Perkembangan saat ini mengulang pengerjaan lahan karena diserang oleh hama babi hutan, dan untuk penanaman bibit semangka diulang kembali. Gejala kerusakan akibat serangan babi hutan tidak sama untuk tiap jenis tanaman.

Babi hutan merupakan hama tanaman yang seringkali dijumpai di perkebunan kelapa sawit. Umumnya, babi hutan sering menyerang pohon yang baru ditanam atau berusia muda akibatnya pohon mengalami kerusakan bahkan mati.
Koptu Aldori menyampaikan, ada beberapa dalam pengendalian hama babi hutan tersebut, seperti memasang pagar hidup, mempersulit jangkauan hama, dan membuat pagar seng atau dari kawat serta kayu," ujarnya. 

Lanjutnya, kerusakan terjadi karena babi hutan memang menjadi salah satu hama penganggu dalam pertanian, adapun kerusakan akibat hama babi hutan ini, menggali tanah di sekitar tanaman yang menyebabkan akar terpotong-potong, dan kadang-kadang menyebabkan pohon tumbang dan tanaman mati.

Dalam hal Babinsa selalu memberikan motivasi dan samangat kepada petani semangka serta memberikan solusi untuk mengatasi hama babi hutan tersebut.(PENDIM0309). 


Posting Komentar

0 Komentar